Analisis Kesalahan Siswa Kelas X MAN 1 Aceh Besar dalam Memahami Materi Dasar Geometri SMP

Nuzulidar Nuzulidar, Suryawati Suryawati, Yuhasriati Yuhasriati

Abstract


Geometri merupakan salah satu cabang matematika yang penting untuk dipelajari. Eksplorasi dalam geometri membantu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan logika. Permasalahan dalam kehidupan sehari-hari juga banyak yang berkaitan dengan konsep geometri. Materi dasar geometri hendaknya dapat dikuasai semaksimal mungkin. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul analisis kesalahan siswa kelas X MAN 1 Aceh Besar dalam memahami materi dasar geometri SMP. Rumusan masalahnya adalah apa saja kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas X MAN 1 Aceh Besar dalam memahami materi dasar geometri SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan siswa kelas X MAN 1 Aceh Besar dalam memahami materi dasar geometri SMP. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 MAN 1 Aceh Besar.  Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dan wawancara. Soal tes materi dasar merupakan soal-soal ujian nasional tentang bangun datar dan bangun ruang. Tes tulis diberikan kepada 28 siswa dan wawancara dilakukan kepada 6 siswa yang melakukan kesalahan masing-masing dua siswa dari kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Hasil tes menunjukkan jenis kesalahan  yang dilakukan siswa kelas X MAN 1 Aceh Besar dalam memahami materi dasar geometri SMP yakni: kesalahan konsep meliputi kesalahan dalam menyebutkan nama bangun-bangun geometri, keliru dalam memaknai konsep tegak lurus, tidak dapat mengingat teorema pythagoras, tidak dapat mengingat teorema hubungan sudut pusat dengan sudut keliling, kesalahan dalam memahami jumlah sudut dalam segitiga dan besar sudut berpelurus, kesalahan dalam menyebutkan unsur-unsur dari lingkaran, tidak mengingat syarat kesebangunan dan kekongruenan, tidak mengingat rumus baik rumus untuk mencari keliling, luas, dan volume; kesalahan prinsip meliputi kesalahan dalam menggunakan rumus keliling, luas bangun-bangun datar, dan volume bangun-bangun ruang, kesalahan dalam menggambarkan bangun-bangun geometri seperti juring lingkaran, alas dari bangun kerucut, prisma, dan limas, dan  kesalahan dalam melakukan operasi perkalian dan pembagian; dan kesalahan verbal meliputi kesalahan dalam memaknai kata seperti kata ubin dan paving blok, kesalahan dalam menerjemahkan soal cerita (interpretasi bahasa) dan kesalahan dalam penarikan kesimpulan.

 

Kata Kunci:         Analisis Kesalahan, Geometri SMP.

Full Text:

35-42

References


Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak yang Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Soejono. 1984. Diagnosis Kesulitan dan Pengajaran Remedial Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Walle, John A. Van de. 2008. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Jilid 2. Terjemahan oleh Suyono dari Mathematics Elementary Education; Mathematics - Study and Teaching (Elementary). Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id