Prestasi Belajar Matematika Siswa berdasarkan Gender di Kelas XI SMA Inshafuddin Banda Acehelajar Matematika Siswa Berdasarkan Gender di Kelas XI SMA Inshafuddin Banda Aceh

Hayatur Rahmi, Johan Yunus, Tuti Zubaidah

Abstract


Pemisahan kelas belajar berdasarkan gender di SMA Inshafuddin Banda Aceh memiliki sistem belajar yang berbeda di sekolah lainnya dimana seluruh siswa hanya terdiri dari siswa laki-laki saja dan perempuan saja di dalam kelas. Berkaitan dengan pelajaran matematika di sekolah terdapat perbedaan ketertarikan dalam kemampuan matematika, siswa laki-laki lebih menyukai hal yang bersifat abstrak dan perempuan lebih menyukai sesuatu yang bersifat kongret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika siswa berdasarkan kelas gender di kelas XI  SMA inshafuddin Banda Aceh. Metode digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data penelitian ini diperoleh dari dokumentasi berupa  nilai akhir siswa (rapor) dan wawancara. Data nilai akhir siswa perempuan dan siswa laki-laki mengikuti sebaran normal sehingga memenuhi untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan uji statistik uji-t. Uji yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikan ∝ =0,05. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh t hitung = 5,78 , dan t tabel dengan taraf signifikan ∝ =0,05 dengan dk= 24 diperoleh t (0,95)(24) = 1,71 sehingga  thitung > ttabel. Dengan demikian maka tolak H0, dan terima Ha. Dengan perkataan lain dapat disimpulkan: adanya perbedaan prestasi belajar matematika siswa berdasarkan kelas gender di kelas XI SMA Inshafuddin Banda Aceh.

 

Kata Kunci:     Prestasi belajar, matematika, gender.


Full Text:

30-34

References


Asmaningtyas, Yeni Tri. 2015. Kemampuan Matematika Laki-laki dan Perempuan. Jurnal,(Online). (diakses pada tanggal 16 juli 2017)

Ilman, Muhammad Nafi’an. 2011. Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita, Skripsi (Online), ( http://eprints.uny.ac.id/7413/ diakses tanggal 26 juli 2017)

Santrock W, John. 2011. Masa Perkembangan Anak”.Jakarta: Salemba Humanika

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. 2009. Metode Statistika. Bandung:Tarsito.

Yulianto, dkk. 2013. Studi Perbandingan Hasil Belajar Fisika Sesaat Kelas Putra, Kelas Putri, dan Kelas Campuran pada Materi Getaran di SMAN 1 Kradenan Kabupaten Grobogan, skripsi (online),(http://joernal.unces.ac.id., diakses tanggal 20 desember 2016 )


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id