Kemampuan Menyelesaikan Soal Setara Pisa di Kelas IX MTsN Model Banda Aceh

Muhammad Hidayat, Budiman Budiman, Tuti Zubaidah

Abstract


PISA adalah sebuah program evaluasi hasil belajar secara internasional yang dilaksanakan secara rutin setiap tiga tahun sekali untuk mengevaluasi kemampuan matematika siswa berusia 15 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menyelesaikan soal setara PISA di kelas IX MTsN Model Banda Aceh. Siswa kelas IX-1 yang berjumlah 35 siswa menjadi subjek dalam penelitian ini. Data di kumpulkan menggunakan instrumen berupa tes tertulis dan wawancara. Hasil tersebut analisis secara deskriptif dan kemudian diperoleh skor dengan tetapan kriteria baik sekali, baik, cukup, dan kurang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal setara PISA di kelas IX MTsN Model Banda Aceh termasuk dalam kategori baik. Terdapat 12 orang siswa dengan klasifikasi penilaian baik sekali yaitu 34,29% dari 35 orang siswa kemudian 16 orang siswa dengan klasifikasi penilaian baik yaitu 45,71% dari 35 siswa. Dapat disimpulkan bahwa dari 35 siswa, 80% siswa sudah mampu menyelesaikan soal-soal tersebut dengan baik.

 

Kata Kunci:         PISA, penalaran, soal setara PISA

Full Text:

1-7

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Rineka Cipta

FKIP UNSYIAH. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi FKIP UNSYIAH. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id