Pengaruh Perilaku Adaptive-Seeking terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh Tahun Ajaran 2015/2016
Abstract
Matematika memiliki peranan penting dalam kehidupan. Hal ini terlihat dari penggunaan matematika di setiap aktivitas yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun sangat ironis jika kita lihat banyak siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika yang mengakibatkan tidak tercapainya hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, upaya yang dapat dilakukan siswa salah satunya yakni meminta bantuan akademik kepada orang lain baik guru maupun temannya dengan berperilaku adaptive help-seeking. Perilaku adaptive help-seeking adalah perilaku meminta bantuan akademik ketika membutuhkan dan bantuan yang diminta berupa proses bukan hasil. Oleh karena itu peneliti membuat penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perilaku adaptive help-seeking siswa dan besarnya pengaruh perilaku adaptive help-seeking terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini berupa penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh, sedangkan sampelnya kelas VIII-1 yang terdiri dari 27 siswa. Data dikumpulkan dengan metode angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh berperilaku adaptive help-seeking pada kategori yang rata-ratanya baik. Hal ini terlihat dari 70,37% siswa berperilaku adaptive help-seeking pada kategori baik, 22,22% pada kategori sangat baik dan 7,4% pada kategori cukup. Perilaku adaptive help-seeking memberi pengaruh positif secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh yakni sebesar 51%. Hal ini menunjukkan bahwa perilaku adaptive help-seeking memberi kontribusi sebesar 51% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh, sedangkan 49% lagi dipengaruhi oleh faktor yang lain.
Kata kunci: Perilaku, Adaptive, Help-Seeking, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Amalia, Nurul. 2015. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Operasi Hitung pada Bilangan Pecahan Kelas VII SMP Insyafuddin Banda Aceh. Skripsi tidak diterbitkan. Banda Aceh: FKIP Universitas Syiah Kuala
Anita dkk. Tanpa Tahun. Hubungan Antara Regulasi Diri dalam Belajar dengan Perilaku Mencari Bantuan Akademik dalam Pelajaran Matematika Pada Siswa SMA di Kota Semarang. Jurnal tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. (online), (http://eprints.undip.ac.id/24781/1/jurnal-Anita.pdf,diakses 30 Oktober 2015)
Ayu, Siti dan Teguh Wibowo. Tanpa Tahun. Perilaku Mencari Bantuan Adaptif dalam Belajar Matematika Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal tidak diterbitkan. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo.(online), (http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/viewFile/2779/2626,diakses Juni 2016)
Fakultas Ilmu Psikologi. Tanpa Tahun. Perilaku Adaptif. (online), (http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195103261979032-PUDJI_ASRI/LB_467PERILAKU_ADAPTIF.pdf, diakses 11 November 2016)
FKIP Unsyiah.2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: FKIP Universitas Syiah Kuala
Isnaeni, dkk. Tanpa Tahun. Hubungan Antara Keterbukaan Diri dengan Perilaku Mencari Bantuan Adaptif dalam Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas XI di SMA Islam Sudirman Ambarawa. Jurnal tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.(online),(http://download.portalgaruda.org/article.php?article=159222&val=4725&title=159222&val=4725&title=HUBUNGAN%20ANTARA%20KETERBUKAAN%20DIRI%20DENGAN%20PERILAKU%20MENCARI%20BANTUAN%20ADAPTIF%20DALAM%20PELAJARAN%20MATEMATIKA%20PADA%20SISWA%20KELAS%20XI%20DI%20SMA%20ISLAM%20SUDIRMAN%20AMBARAWA, diakses 30 Oktober 2016)
Mo Ching, Mok dkk. 2008. The Use of Help-Seeking by Chinese Secondary School Students: Challenging the Myth of "the Chinese Learner"(online),(http://eric.ed.gov/?id=EJ824647, diakses pada Juni 2016)
Muzdalipah, Ismi. 2015. Pengaruh perilaku Adaptive Help-Seking Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 10 Fajar Harapan Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi tidak diterbitkan. Banda Aceh: FKIP Universitas Syiah Kuala
Nani, Karman La. 2012. “Konstruksi Self-Regulation Skill dan Help-Seeking Behavior dalam Pembelajaran”. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa, Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 10 November 2012.(online),(http://eprints.uny.ac.id/8095/1/P%20-%2048.pdf, diakses 30 Oktober 2015)
Naylatul. 2011. Pengaruh Perilaku Adaptive Help-Seeking dalam Belajar Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VI MI Matholi’un Najah Sinanggul Mlonggo Jepara Tahun pelajaran 2010/2011. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo.(online), (http://library.walisongo.ac.id/digilib/files/disk1/118/jtptiain-gdl-naylatulja-5866-1-073511004.pdf, diakses 16 Oktober 2015)
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id