Ketuntasan Belajar Siswa melalui Penerapan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Open-Ended pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh

Eryza Ilmiana, Suhartati Suhartati, Mukhlis Hidayat

Abstract


Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk menemukan sendiri pemahaman dan konsepnya. Open-Ended merupakan salah satu pendekatan yang menyajikan masalah terbuka yang memiliki jawaban benar lebih dari satu. Penelitian ini menerapkan model discovery learning dengan pendekatan open-ended pada materi persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa pada materi persamaan linear dua variabel melalui penerapan model discovery learning dengan pendekatan open-ended di kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling, dimana kelas yang dipilih adalah kelas VIII-B dengan jumlah siswa 22 orang. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pre-eksperimen design, yaitu one shot case study. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, angket respon siswa, dan lembar observasi lapangan. Pengolahan data menggunakan uji-t dengan simpangan baku populasi ) tidak diketahui. Uji yang digunakan adalah uji satu pihak, yaitu uji pihak kanan dengan taraf signifikan . Hasil analisis data tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 78,41 dengan simpangan baku 10,93. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh nilai thitung (3,07) lebih dari nilai ttabel (1,72), sehingga dapat dikatakan bahwa Ho ditolak. Disamping itu, hasil analisis respon angket menunjukkan bahwa 27,27% siswa memberikan respon sangat setuju, sedangkan 72,73% siswa memberikan respon setuju. Sementara itu hasil lembar observasi lapangan untuk aspek pengamatan guru memperoleh nilai rata-rata 4 yang berada pada kategori baik dan untuk aspek pengamatan siswa memperoleh nilai rata-rata 3,77 yang juga berada pada kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model discovery learning melalui pendekatan open-ended hasil belajar siswa dapat mencapai ketuntasan pada materi persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh.

Kata kunci:    Discovery Learning, Open-Ended, Persamaan Linear Dua Variabel, Ketuntasan Belajar


Full Text:

PDF

References


Andriana, Vivin. 2014. Penerapan Metode Discovery Learning pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh. Skripsi. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 2010. Jakarta : Rineka

Illahi, Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy & Mental Vocational Skill. Yogyakarta : DIVA Press

Kemdikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Matematika SMP/MTs. Jakarta : Kemendikbud

-----------. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Matematika SMA. Jakarta : Kemendikbud

Nurhadi, Burhan Yasin dan Agus Gerrad senduk. 2004. Pembelajaran Konstektual (Contextual Teaching and Learning) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang

Purnamasari, Sinta. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Segi Empat Melalui Pendekatan Open-ended dengan Seting Discovery pada Siswa Kelas VII SMPN 01 Boyolangu Tulungagung. Skripsi. Tulungagung: IAIN Tulungagung

Ruhimat, Toto dkk. 2011.Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Supatmono, Catur. 2009. Matematika Asyik. Jakarta : Grasindo

Suryadi, Didi. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta : Imtima

Suryosubroto, Cipta. 1990.Beberapa Aspek-Aspek Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Uno, Hamzah B dan Nurdin Mohamad. 2011. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi aksara

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendekatan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id