Analisis Kesalahan Siswa menurut Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aljabar Kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh

Putri Purnama Sari, M. Hasbi, Khairul Umam

Abstract


Salah satu materi pada pelajaran matematika adalah operasi aljabar.  Materi operasi aljabar menuntut siswa untuk menguasai konsep aljabar yang menjadi dasar untuk mempelajari materi selanjutnya. Akan tetapi, siswa masih melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi aljabar. Termasuk pada soal pemecahan masalah bentuk soal cerita yang menambah kesulitan bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan apa saja dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banda Aceh dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan prosedur Newman. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian bersifat deskriptif. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Penelitian ini melibatkan siswa VIII-1 yang berjumlah 27 siswa. Subjek penelitian wawancara diambil 3 dari 27 siswa kelas VIII-1, dengan kriteria siswa yang melakukan banyak kesalahan. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait hasil pekerjaannya pada soal cerita operasi aljabar. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 01 Banda Aceh dalam menyelesaikan soal cerita operasi aljabar adalah kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Kesalahan memahami disebabkan siswa lupa dan terburu-buru dalam mengerjakan soal. Kesalahan transformasi disebabkan lemahnya kemampuan siswa dalam mengubah soal cerita menjadi bentuk aljabar dan salah dalam menggunakan pendekatan. Kesalahan keterampilan proses disebabkan salah dalam melakukan perhitungan operasi aljabar. Sedangkan kesalahan penulisan jawaban akhir disebabkan siswa  tidak membuat kesimpulan dan tidak menuliskan hasil akhir dari penyelesaian. Impilkasi kajian ini adalah perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengurangi siswa dalam melakukan kesalahan yang sama. Penelitian lanjutan juga diperlukan terhadap usaha yang dapat dilakukan siswa untuk mengatasi kesalahan yang dilakukan siswa seperti dapatan pada kajian ini.

 

Kata kunci: Kesalahan Siswa, Newman, Soal Cerita Aljabar.


Full Text:

81-90

References


Jha, S. K. 2012. Mathematics Performance of Primary School Students in Assam (India): An Analysis Using Newman Procedure.International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, Vol II.

Moleong, L. J. 2005. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rosdakarya

Prakitipong, N., and Nakamura, S. 2006. Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Student in Thailand Using Newman Procedur. Journal of Internationak Cooperation in Education, Vol.9, No.1

Setiyawati, Indra. 2011. Identifikasi Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pelajaran Segitiga dan Segiempat Siswa kelas VII SMP N 5 Depok Sleman Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Soedjadi, R. 2000. Kiat-Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Tirtarahardja, Umar dkk. 2005. Pengantar Pendidikan.. Jakarta. Rineka Cipta.

White, A. L. 2005. Active Mathematics In Classrooms: Finding Out Why Children Make Mistake – And Then Doing Something To Help Them. Square One, Vol 15, No 4, p.15-19

Zahara, Yenni 2015.Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar di Kelas VIII MTsS Lam Ujong Aceh Besar. Skripsi: Universitas Syiah Kuala.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id