Analisis Pemahaman Konsep Siswa Berdasarkan Teori APOS pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VIII SMP Negeri 1 Ingin Jaya

Munira Azira, M Hasbi, Khairul Umam

Abstract


Kemampuan siswa dalam menemukan suatu ide abstrak dalam matematika untuk mengklasifikasikan benda-benda yang biasanya dinyatakan dalam sebuah ungkapan kalimat kemudian membaginya menjadi contoh dan bukan contoh disebut juga pemahaman konsep matematika. Mendeskripsikan pemahaman konsep siswa pada materi aritmatika sosial berdasarkan teori APOS (Action, Process, Object, Scheme) melalui tes kelas VIII SMPN 1 Ingin Jaya adalah suatu tujuan dari penelitian ini. Pendekatan yang diambil peneliti yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Ingin Jaya kelas VIIIA dan VIIIB yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data untuk menguji pemahaman konsep siswa berdasarkan teori APOS dan metode wawancara. Validitas bahan penelitian diperoleh melalui triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep matematika siswa berdasarkan teori APOS berada pada tahapan yang berbeda-beda yaitu terdapat 14 siswa pada tahap indikator aksi, 3 siswa pada tahap proses, 19 siwa pada tahap objek dan 1 siswa pada tahap skema.

Kata kunci: pemahaman konsep matematika, teori APOS, Aritmatika Sosial

 


Full Text:

96-104

References


Al-Siyam, E., & Sundayana, R. (2014). Perbandingan kemampuan pemahaman matematika antara siswa yang mendapatkan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dan metakognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 55-66.

Arnawa, I. M., Kartasasmita, B., & Baskoro, E. T. (2007). Applying the APOS theory to improve students ability to prove in elementary abstract algebra. Journal of the Indonesian Mathematical Society, 13(1), 133-148.

Asiala, M., Brown, A., DeVries, D. J., Dubinsky, E., Mathews, D., & Thomas, K. (1997). A framework for research and curriculum development in undergraduate mathematics education. Maa Notes, 2, 37-54.

Dubinsky, E., & McDonald, M. A. (2001). APOS: A constructivist theory of learning in undergraduate mathematics education research. In The teaching and learning of mathematics at university level: An ICMI study (pp. 275-282). Dordrecht: Springer Netherlands.

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa: ditinjau dari kategori kecemasan matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24-32.

Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 120-135.

Maharaj, A. (2014). An APOS analysis of natural science students’ understanding of integration. Journal of Research in Mathematics Education, 3(1), 54-73.

Marsitin, R. (2017). Koneksi matematis dan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika dengan teori APOS. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1), 87-100.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id