Penerapan Metode Outdoor Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Statistika di SMPN 8 Satu Atap Cekal

Siska Badriyana, Erni Maidiyah, Tuti Zubaidah

Abstract


Tercapainya tujuan pembelajaran matematika dapat ditinjau berdasarkan hasil belajar siswa yang memenuhi KKM. Namun, hasil belajar matematika siswa pada kenyatannya masih belum mencapai nilai KKM. Penyebabnya karena pembelajaran dilaksanakan menggunakan metode yang monoton di ruang kelas sehingga terkesan membosankan. Dengan demikian, perlu adanya penerapan pembelajaran yang menarik sehingga pembelajaran tidak bosan. Salah satunya, dengan menerapkan metode Outdoor Learning. Tujuan penelitian yaitu untuk melihat adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 8 Satu Atap Cekal melalui penerapan metode Outdoor Learning. Pendekatan penelitian menggunakan kuantatitaf dengan desain pre-experimental design jenis penelitian one-group pretest-posttest. Seluruh siswa kelas VII SMPN 8 Satu Atap Cekal menjadi populasi penelitian dengan pengambilan sampel memanfaatkan teknik nonprobability sampling, dan penentuan sampel menggunakan sampling jenuh sehingga sebanyak 24 orang siswa menjadi sampel penelitian. Data dikumpulkan dengan tes awal (pretest) sebelum penerapan metode Outdoor Learning dan tes akhir (posttest) setelah penerapan. Uji paired sample t-test digunakan untuk menganalisis data. Adapun hasil yang diperoleh, terdapat peningkatan rata-rata antara sebelum dan sesudah diterapkan metode Outdoor Learning . Sehingga, disimpulkan bahwa penerapan metode Outdoor Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMPN 8 Satu Atap Cekal.

 

Kata Kunci: Metode Outdoor Learning, Hasil Belajar, Statistika


Full Text:

62-71

References


Agustina, R. (2019). Penerapan Metode Outdoor Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas VI di SD Negeri 1 Way Bandar Lampung. Skripsi, tidak diterbitkan, UIN Raden Intan Lampung: Lampung.

Agustina, S.S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Outdoor Learning Mathematics dalam Meeningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP IT An-Nur Prima. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara: Medan.

Astari, S.H., (2018). Pengaruh Metode Outdoor Learning terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN 3 Margadadi Jati Agung Lampung Selatan. Skripsi, tidak diterbitkan, UIN Raden Intan Lampung: Lampung.

Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media.

Depdikbud. (2014). Permendikbud No. 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Hamalik, O. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Husamah. (2013). Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Iskandarwassid & Sunendar, D. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jihad, A & Haris, A. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Press.

Muhsetyo, G. (2008). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Purwanti, D. (2007). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Model Pembelajaran Luar Ruang dan Media Musik Klasik pada Siswa Kelas X 6 SMA Islam Sultan Agung I Semarang Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi. Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Sudjana, N. & Rivai, A. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suherdiyanto, P. M., & Anggela, R. (2016). Pembelajaran Luar Kelas (Out Door Study) Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sma Negeri 1 Sungai Kakap. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), 139-148.

Purnomo, A. (2015). pengaruh pembelajaran outdoor terhadap pengetahuan, dan sikap pelestarian lingkungan mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 20(1), 37-47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id