Pengaruh Penggunaan Media Geogebra terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sistem Koordinat Kartesius di SMP IT Madani Aceh Tenggara

Novia Sari, M Ikhsan, Mukhlis Hidayat

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan bahwa hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Hasil belajar yang kurang maksimal menunjukkan bahwa proses belajar yang dilakukan juga masih kurang maksimal. Penggunaan media dalam pembelajaran menjadi salah satu solusi yang dapat mendukung keberhasilan pembelajaran matematika. GeoGebra merupakan salah satu media pembelajaran matematika berbasis teknologi yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media GeoGebra terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koordinat kartesius di SMP IT Madani Aceh Tenggara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Madani Aceh Tenggara. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII Hamzah sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII Atikah sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa menggunakan media GeoGebra lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan konvensional pada materi sistem koordinat kartesius di SMP IT Madani Aceh Tenggara.

Kata Kunci: GeoGebra, Hasil Belajar Matematika, Media.


Full Text:

42-49

References


Annur, M. F., & Hermansyah, H. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa pendidikan matematika dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195-201. https://doi.org/10.31764.

Gewati, M. (2018, Maret 21). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Memprihatikan, Solusinya? Retrieved Juni 24, 2021 from Kompas.com: https://edukasi.kompas.com/read/2018/03/21/09211381/kemampuan-matematika-siswa-indonesia-memprihatikan-solusinya

Isnaeni, A., & Widiana, I. W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tema Perkembangan Teknologi Melalui Penerapan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas III. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(1), 40–45. https://doi.org/10.23887/mpi.v1i1.27818.

Johar, R., & Hanum, L. (2016). Strategi belajar mengajar. Yogyakarta: Deepublish.

Nopiyani, D., Turmudi, T., & Prabawanto, S. (2016). Penerapan pembelajaran matematika realistik berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 45-52.

Permadi, F. D., & Rudhito, M. A. (2012). Efektifitas pembelajaran dengan program GeoGebra dibanding pembelajaran konvensional pada materi Teorema Pythagoras kelas VIII SMP Pangudi Luhur Gantowano Klaten. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta: 10 November 2012, 326–334

Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Setiawan, W. (2017). Era digital dan tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan, 1–9.

Syahrum, S. & Salim, S. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Wahab, A., Junaedi, Efendi, D., Prastyo, H., Sari, D. P., ... & Wicaksono, A. (2021). Media Pembelajaran Matematika. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar kota Balikpapan pada materi satuan waktu tahun ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24-32. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852.

Widoyoko, E. P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Zulnaidi, H., & Zamri, S. N. A. S. (2017). The effectiveness of the GeoGebra software: The intermediary role of procedural knowledge on students’ conceptual knowledge and their achievement in mathematics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(6), 2155-2180. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.01219a


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id