Analisis Kemampuan Koneksi Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP

Cut Hanan Fathiyyah, Suryawati Suryawati, Syahjuzar Syahjuzar

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan koneksi matematis dan kepercayaan diri dalam pembelajaran matematika dengan tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis kemampuan koneksi matematis dan kepercayaan diri siswa beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode yang diaplikasikan adalah Mix Method dengan jenis explanatory  sequential design agar dapat menganalisis hasil pengerjaan siswa mengenai tes kemampuan koneksi matematis dan kepercayaan diri siswa salah satu SMP swasta di Aceh Besar. Subjek penelitian berjumlah 34 siswa yang terdiri dari siswa kelas VII-A dan VII-C. Instrumen penelitian yaitu tes koneksi matematis, angket kepercayaan diri, dan pedoman wawancara. Hasil analisis yang diperoleh adalah kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII berada pada kategori kurang sekali dan diperoleh 15 siswa yang percaya diri akan kemampuan yang dimilikinya. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan koneksi matematis siswa yaitu lingkungan sekolah, pengetahuan prasyarat, dan siswa yang jarang memperoleh soal  koneksi matematis. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa yaitu konsep diri dan lingkungan sekolah.

 

Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Kepercayaan Diri


Full Text:

31-41

References


Andriani, D., & Aripin, U. (2019). Analisis kemampuan koneksi matematik dan kepercayaan diri siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(1), 25-32.

Creswell, J. W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hadin, H., Pauji, H. M., & Aripin, U. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa MTS Ditinjau Dari Self Regulated Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 657-666.

Hartono. (2019). Metodologi Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Hendriana, H. & Sumarno, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarno, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hidayati, I. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP Negeri 01 Kampar Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. [Skripsi: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau], Pekanbaru.

Mustika, H., & Buana, L. (2017). Penerapan model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), 30-37.

NCTM. (2000). Principles and Standard for School Mathematics.

Nurul, N., Octaviani, A., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2), 57-64.

Purwanto, N. (2006). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Risdayati, A. H. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa SMP/MTs. [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. Pekanbaru

Suminta, R. R., & Ghufron, M. N. (2018). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rohaeti, E. E., & Bernard, M. (2018). The Student's Mathematical Understanding Ability Through Scientific-Assisted Approach of Geogebra Software. Infinity Journal, 165–172.

Slamento. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta.

Sugiman. (2008). Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Phytagoras, 4(1), 56-66.

Suparlan. (2014). Manajemen Berbasis Sekolah dari Teori sampai dengan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id