Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Probing Prompting pada Materi Turunan di MAN 7 Bireuen
Abstract
Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa, salah satunya adalah penerapan model pembelajaran yang kurang beragam dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model pembelajaran probing prompting di MAN 7 Bireuen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 7 Bireuen yang berjumlah 15 orang. Pemilihan sampel dengan teknik sampling jenuh, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN 7 Bireuen. Rancangan pada penelitian ini menggunakan Pre Eksperimental Design dengan design penelitian One Group Pretest Postest Design. Teknik pengumpulan data melalui pretes dan postes. Instrumen penelitian terdiri soal tes sebanyak 4 soal bentuk uraian yang dirancang untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Data kemampuan berpikir kritis matematis siswa dianalisis menggunakan rumus uji statistik t-tes berpasangan sampel dependen pada 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir ktitis matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran probing prompting pada materi turunan di kelas XI IPA MAN 7 Bireuen mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pretes 19 dan nilai rata-rata postes 87,33. Hasil uji-t menunjukkan dan dengan d.b 14 diperoleh . Hasil ini menunjukkan , sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dengan penerapan model probing prompting pada materi turunan di MAN 7 Bireuen.
Kata Kunci: Kemampuan berpikir kitis matematis, Turunan, Probing Prompting.
Full Text:
22-30References
Arumsari, W., Rosita, C. D., & Maharani, A. (2019). Desain Bahan Ajar Materi Turunan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1-7.
Fachrurazi. (2011). Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Forum Penelitian, Edisi khusus, 2(1), 76-89.
Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Istianah, E. (2013). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik dengan pendekatan Mode Eleciting Activities (MEAs) pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Infinity Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 43-54
Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 92 – 104.
Kharisma, E. N. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMK pada materi barisan dan deret. JRPM: Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 62-75.
Mazmumah. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP melalui pendekatan problem posing. Jurnal Peluang, 4(1), 67-72.
Oktiningrum, W., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2016). Developing PISA-like mathematics task with Indonesia natural and cultural heritage as context to assess students mathematical literacy. Journal on Mathematics Education, 7(1), 1-8.
Peraturan Menteri pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Purnamasari I., Mirza, A., & Nursangaji, A. (2016). Literasi kuantitatif siswa ditinjau dari aspek quantity di kelas VII A SMPN 03 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(2), 1-10.
Shara, J., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Fungsi Kuadrat. Journal on Education, 1(2), 450-456.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanti, E. (2017). Penerapan model probing promting untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA MAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1), 96-106.
Suyatno, W., & Nurgiyantoro, B. (2009). Menjelajah pembelajaran inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id