Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran dengan Model Connecting, Organizing, Reflecting and Extending

Marniar Ningsih, Yuhasriati Yuhasriati, Cut Khairunnisak

Abstract


Salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika yaitu kemampuan komunikasi matematis. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam berkomunikasi secara matematis masih rendah. Sehingga diperlukan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, salah satunya adalah model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting and Extending (CORE). Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang telah mengikuti pembelajaran model pembelajaran CORE dengan subjek penelitian 26 orang siswa kelas VIII di salah satu SMP negeri di Banda Aceh. Data pada penelitian ini didapatkan melalui lembar tes kemampuan komunikasi matematis pada materi lingkaran dan lembar observasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan menjabarkan kenyataan-kenyataan atau fakta-fakta yang sesuai dengan data yang didapatkan terkait dengan indikator written text, drawing dan mathematical expression. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis subjek penelitian berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor 68,27 %. Lebih lanjut, jika diklasifikasikan berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis siswa, didapat bahwa (1) pada indikator written text kemampuan siswa berada pada kategori tinggi dengan 79,80% siswa dapat menuliskan konsep dan disertai dengan penjelasan benar; (3) pada indikator drawing kemampuan siswa berada pada kategori tinggi dengan 72,1% siswa dapat mengemukakan gambar dalam ide matematika yang ditunjukkan pada soal; dan (4) pada indikator mathematical expression kemampuan komunikasi matematis siswa berada pada kategori tinggi dimana 53,84% siswa dapat menuliskan informasi dari suatu masalah ke dalam model matematika. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran CORE dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.

 

Kata Kunci:    Kemampuan Komunikasi Matematis, Lingkaran, dan Connecting, Organizing, Reflecting and Extending (CORE)


Full Text:

13-21

References


Al Humaira, F. (2014). Penerapan model pembelajaran CORE pada pembelajaran matematika siswa kelas X SMAN 9 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

BSNP. (2016). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Cai, J., Lane, S., & Jakabcsin, M. S. (1996). The role of open-ended tasks and holistic scoring rubrics: Assessing students’ mathematical reasoning and communication. Communication in mathematics, K-12 and beyond, 137-145.

Deswita, R., Kusumah, Y. S., & Dahlan, J. A. (2018). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran CORE dengan pendekatan scientific. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35-43.

Guntoro, S. T. (2014). Pendekatan Saintifik dalam Matematika. Yogyakarta P4TK: Lokakarya School Community.

Hariyanto, H. (2017). Penerapan Model CORE dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1), 11-15.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Republik Indonesia Nomor 64 Tentang Kerangka Dasar dan Sruktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Miles, M. B. & Huberman A. M. (1984). Analisis Data Kualitatif. Diterjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Wardhani, S., & Rumiati, R. (2011). Modul matematika SMP program BERMUTU: Instrumen penilaian hasil belajar matematika SMP belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: PPPPTK.

Yaniawati, R. P., Indrawan, R., & Setiawan, G. (2019). Core Model on Improving Mathematical Communication and Connection, Analysis of Students' Mathematical Disposition. International Journal of Instruction, 12(4), 639-654.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id