Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Haji

Luthfia Asnawi, M. Ikhsan, Mukhlis Hidayat

Abstract


Model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Geogebra dapat digunakan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Model ini dapat merangsang siswa menjadi lebih aktif dengan menekankan pada penyelesaian masalah yang berdasarkan pada kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Geogebra pada materi SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Haji. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi dari penelitian ini merupakan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Haji berjumlah 137 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII1 yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan 4 butir soal uraian. Data diolah dengan menggunakan statistik uji-t untuk melihat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil analisis data diperoleh bahwa thitung > ttabel (2,02 > 1,67) yang berarti H0 ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Geogebra lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional, sehingga disimpulkan bahwa model dan media ini dapat membantu meningkatkan hasil belajar matematika siswa di sekolah.

                                                                                                                 

Kata Kunci: : Pembelajaran Berbasis Masalah, Geogebra, Hasil Belajar Matematika


Full Text:

296-304

References


Budiyanto, M.A.T., (2016). Sintaks 45 model pembelajaran dalam student centered learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Ilsa, A., F, F., & Harun, M. (2020). Pengembangan video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi powerdirector 18 di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 1(5), 288-300.

Johar, R., & Latifah H. (2016). Strategi belajar mengajar. Yogyakarta: Deepublish.

Joseph, Y.K. 2011. An exploratory study of primary two pupils’ approach to solve word problems. Journal of Mathematics Education, 12(1), 19-30.

Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh model PBL terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93-106.

Kusuma, J. W., & Utami, A. (2017). Perbandingan hasil belajar matematika dengan penggunaan platform whatsapp group dan webinar zoom dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemik covid19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 97-106.

Lubis, M. A., & Azizan, A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika di SMP Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan tahun pelajaran 2018/2019. Logaritma, 2(6), 150-163.

Lukito, S., Hanifah, H., & Maizora, S. (2019). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3), 293-300.

Mullis, I. V. S., Martin, M., & Tom, L. (2016). 20 years of TIMSS: international trends in mathematics and science achievement curriculum and instruction. Didapat dari T15-20-years-of-TIMSS.pdf

Periandani, P. N., & Sariyasa, I. N. G. (2019). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIIB SMP N 7 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 2 (8), 93-101.

Pianda, D. (2016). Penggunaan media geogebra melalui pendekatan scientific untuk peningkatan hasil pembelajaran matematika. Indonesian Digital of Mathematics and Education, 3(4), 273-284.

Rosalina, E., & Pertiwi, H. C. (2018). Pengaruh model pembelajaran SAVI (somatic auditory visual intellectualy) terhadap kemampuan berkomunikasi siswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(2), 71-82.

Saputra, I. K. A. Y., Sujana, I. S., & Darmawati, I. G. A. P. S. (2021). Penerapan model problem based learning berbantuan geogebra meningkatkan hasil belajar matematika. Journal of Education Action Research, 5(3), 423-431.

Simarmata, J. E. (2020). Pemanfaatan aplikasi geogebra dalam pembelajaran kalkulus I pada mahasiswa program studi pendidikan matematika, Universitas Timor. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 40-47.

Sukmawati, A., & Sari, M. (2015). Implementasi model pembelajaran berbasis masalah pada pemecahan masalah matematika di kelas VIII SMP. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 75-83.

Syahbana, A. (2016). Belajar menguasai geogebra (program aplikasi pembelajaran matematika). Palembang: NoerFikri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id