Kesalahan Mahasiswa dalam Penyelesaian Soal Aljabar Elementer Ditinjau dari Prosedur Newman

Kurniadi Rizki, Suryawati Suryawati, Cut Khairunnisak

Abstract


Kesalahan merupakan kekeliruan terhadap suatu tahapan yang benar. Jenis-jenis kesalahan dapat diidentifikasi salah satunya menggunakan analisis kesalahan Newman. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan apa saja yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menyelesaikan soal aljabar elementer. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui penyebab mahasiswa melakukan kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek tes dalam penelitian ini merupakan 112 mahasiswa angkatan 2020 di jurusan Pendidikan Matematika di salah satu universitas negeri di Aceh. Pengumpulan data diambil melalui dokumentasi lembar ujian mahasiswa dan wawancara. Data dokumentasi lembar ujian digunakan untuk melihat kesalahan yang muncul dan data hasil wawancara digunakan untuk memverifikasi serta mengetahui penyebab terjadinya kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga jenis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal. Kesalahan pertama adalah dalam melakukan transformasi terhadap proses yang disebabkan kurangnya pemahaman terhadap materi dan keliru pada penentuan setiap syarat untuk menyelesaikan soal. Kesalahan kedua adalah dalam mengolah data yang sudah ditransformasikan (keterampilan proses) yang disebabkan kurangnya ketelitian dalam melakukan operasi-operasi dasar matematika. Kesalahan ketiga adalah dalam menuliskan jawaban di akhir pengerjaan yang disebabkan kurangnya kebiasaan terhadap menulis jawaban akhir sesuai prosedur yang ada.

 

Kata Kunci: Kesalahan Mahasiswa, Prosedur Newman, Soal Aljabar Elementer


Full Text:

249-258

References


Aisyah, Nyimas. (2007). Pengembangan pembelajaran matematika SD. Jakarta: Depdiknas.

Astuty, K. Y., & Wijayanti, P. (2013). Analisis kesalahan siswa kelas v dalam menyelesaikan soal matematika pada materi pecahan di SDN Medokan Semampir I/259 Surabaya. MATHEdunesa, 2(3), 1–7. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v2n3.p%25p

Ayuwirdayana, C. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman di MTsN 4 Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.

Drijvers, P., Goddijn, A., & Kindt, M. (2011). Algebra Education: Exploring Topics and Themes. In Secondary Algebra Education (pp. 5-26). SensePublishers.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd Edition). Sage publications.

Murdiani. (2018). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar menjumlahkan pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match siswa kelas IV SDN Hariang Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan & Sosial, 4(2), 35–40.

Newman, M. A. (1977). An analysis of sixth-grade pupils’ errors on written mathematical tasks. Victorian Institute for Educational Research Bulletin, 39(1), 31-43.

Oktaviana, D. (2017). Analisis tipe kesalahan berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pada mata kuliah matematika diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 5(2), 22-32.

Romadiastri, Y. (2012). Analisis kesalahan mahasiswa matematika dalam menyelesaikan soal-soal logika. Jurnal Phenomenon, 2(1), 75-93. https://doi.org/10.21580/phen.2012.2.1.419

Sahriah, S. (2012). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi operasi pada pecahan bentuk aljabar di kelas VIII SMP Negeri 2 Malang (Skripsi, Universitas Negeri Malang).

White, A. L. (2010). Numeracy, Literacy and Newman's Error Analysis. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(2), 129-148.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id