Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning di Kelas VIII SMPN 1 Woyla Barat

Putri Herliza, Ellianti Ellianti, Yuhasriati Yuhasriati

Abstract


Penerapan model pembelajaran yang kurang tepat menjadi salah satu penyebab kemampuan berpikir kritis pada siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa setelah dilakukan model pembelajaran discovery learning pada materi teorema Phytagoras di kelas VIII SMPN 1 Woyla Barat. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Woyla Barat, sampel yang terpilih secara acak adalah siswa kelas VIII A dengan jumlah 18 orang siswa. Jenis penelitian pre eksperimental design dengan desain penelitian one group pre-test-post-test design. Terdapat dua jenis soal yaitu pre-test dan post-test yang digunakan untuk pengumpulan data. Kedua jenis soal tersebut dirancang dengan konsep yang sama namun bunyi soalnya berbeda. Data diambil dari nilai selisih pre-test dan post-test. Analisis data dilakukan dengan rumus uji statistik t-tes berpasangan sampel dependen pada taraf signifikan 5%. Diperoleh hasil analisis data rata-rata 45,83, standar deviasi 6,69. Kemudian diperoleh thitung= 29,01, dengan taraf signifikan 5% dan dk 17 diperoleh . Hasil ini menunjukkan , kesimpulannya adalah penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan  kemampuan berpikir kritis siswa pada materi teorema Phytagoras di kelas  VIII SMPN 1 Wolya Barat.

 

Kata Kunci: discovery learning, kemampuan berpikir kritis, teorema Phytagoras.

 


Full Text:

179-186

References


De Jong, dkk. (1998). Scientific Discovery learning With Computer Simulation of Conceptual Domains. Review of Educational Research, 68(2), 179-201.

Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Istianah, E. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAS) pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 43-54.

Kowiyah. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis. Universitas Muhammadiyah Prof, Dr. Hamka (UHAMKA). Jurnal Pendidikan Dasar, 3(5), 175-179.

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model Discovery learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Confidence Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMA Di Bogor Timur. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 157-168.

Nasution. (2005). Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryana, R. 2016. Efektivitas Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIIII SMP Xaverius Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2016/2017. Artikel. STKIPPGRI Lubuklinggau.

Rivai, M. A. 2017. Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Baki Sukoharjo. Karya Ilmiah. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Uno, H. B. dan Nurdin, M. (2013). Belajar dengan Pendekatan Pailkem: Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id