Kemampuan Representasi Matematis Siswa di SMP Negeri 1 Sukamakmur Aceh Besar

Fujia Miranda, Tuti Zubaidah, Mukhlis Hidayat

Abstract


Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan siswa dalam mengungkapkan ide-ide matematika yang dapat berupa diagram, tabel, grafik, simbol matematika, model matematika, kata-kata, dan sebagai alat bantu untuk menyelesaikan permasalahan. Kemampuan representasi sangat penting dalam mempelajari matematika sehingga perlu dimiliki oleh setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa di SMP Negeri 1 Sukammaknur. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah mix methods dengan jenis sekuensial eksplanatori. Subjek penelitian ialah 17 siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Sukamakmur. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan representasi matematis, kemudian dilanjutkan dengan wawancara dan observasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa dia SMP Negeri 1 Sukamakmur tergolong sedang dan rendah. Data hasil tes menunjukkan perolehan rata-rata siswa dalam menyelesaikan soal tes hanya mencapai angka 32 dari skor total 40 dengan 3 siswa memperoleh nilai kategori tinggi atau 17,65%, 11 siswa dengan kategori sedang atau 58,82%, dan 4 siswa lainnya berada di kategori rendah atau 23,53% sementara itu berdasarkan wawancara ditemukan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami dan mengerjakan soal representasi yang diberikan.

 

Kata Kunci:    representasi matematis, materi lingkaran.

 


Full Text:

112-122

References


Adilla, D. N., Zanthy, L. S., & Yuspriyati, D. N. (2020). Karakteristik Kesalahan Siswa Smp dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Lingkaran. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 35-46.

Alimah, C. F. (2017). Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP IT Insan Mulia Batanghari Tahun Ajaran 2016/2017. Disertasi doktor, IAIN Raden Intan: Lampung.

Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Asrijanty, P. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1-37. Jakarta: Kemendibud

Fadilla, F., & Purwaningrum, J. P. (2021). Menumbuhkan Kemampuan Representasi Matematis dan Metakognitif Siswa Kelas XIII SMP Menggunakan Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending). AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 155-168.

Firmansyah, & Gradini, E. (2020). Profil Daya Serap Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika SMP/MTS Tahun 2019 Se-Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal As-Salam, 4(2), 246-259

Gafur, M. A., Ismaimuza, D., & Puluhulawa, I. (2016). Hubungan Sudut Pusat Dengan Panjang Busur Dan Luas Lingkaran Pada Kelas VIII SMP Negeri 10 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3, 427–439.

Hwang, W. Y., Chen, N. S., Dung, J. J., & Yang, Y. L. (2007). Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving Using a Multimedia Whiteboard System. Educational Technology and Society, 10(2), 191–212.

Inayah, S. (2018). Penerapan Pembelajaran Kuantum Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Multipel Matematis Siswa. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-16.

Junedi, B. (2017). Penerapan Teori Belajar Van Hiele Pada Materi Geometri Di Kelas VIII. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 1–7.

Kalathil, R. R., & Sherin, M. G. (2000). Role of students’ Representations in the Mathematics Classroom. In B. Fishman & S. O’Connoir-Divelbiss (Eds.), Fourth International Conference of the Learning Science, 27–28.

Khotimah, H. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Geometri dengan Teori Van Hiele. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta, 9, pp. 9-16.

Kurniah, U. A., Darmawan, P., & Prayekti, N. (2019). Analisis Kemampuan Menulis Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Garis Singgung Lingkaran. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), 64-71.

NCTM. (2000). Principles Standards and for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics.

Nurhasanah, F., Sabandar, J., & Kusumah, Y. S. (2013). Abtraction Processses in Learning Geometry Using GSP. 6th East Asia Regional Conference on Mathematics Education (EARCOME6), March, 17–22.

Nurjannah, S., Asfar, A. I. T., Asfar, A. I. A., Sari, D. D., & Heldayanti, H. (2019). Ekplorasi Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Modeling The Way Berbantuan Audio Visual Kelas X IPS SMAN 6 Bone. dipresentasikan dalam Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) (pp. 417-472).

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Putri, R. S. P., Munandar, D. R., & Zulkarnaen, R. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas XI MIPA Dalam Menyelesaikan Masalah Matematis di SMAN 1 Setu Bekasi. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika, 9(1), 25–46.

Riyana, D., Sugianto, & Nursangaji, A. (2016). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Representasi Matematis dalam Materi Persamaan Garis Lurus di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(10), 1–17.

Suganda, V. A. M. (2015). Kesulitan mempresentasikan soal pemecahan masalah matematis siswa di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 2(1), 41–47.

Sugiyono, S. (2011). Metode Penlitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumaryanta, Priatna, N., & Sugiman. (2019). Pemetaan Hasil Ujian Nasional Matematika. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 6(1), 543–557.

Sutrisno, S., Sudargo, S., & Titi, R. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK Kimia Industri Theresiana Semarang. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(1), 65-76.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id