Peningkatan Pemahaman Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic pada Materi Kubus dan Balok di SMPN 9 Karang Baru

Lutfi Hafsari Ramadayani, M. Hasbi, Ellianti Ellianti

Abstract


Kemampuan pemahaman matematis siswa di SMPN 9 Karang Baru berada pada kategori rendah. Hal ini berdasarkan hasil observasi awal yang peneliti lakukan di sekolah tersebut, siswa tidak mampu mengaitkan materi baru dengan materi yang sebelumnya telah dipelajari. Hal ini juga ditunjukkan dengan rendahnya nilai ujian siswa kelas VIII yaitu dengan rata-rata di bawah nilai KKM. Diperlukan suatu alternatif untuk memilih model pembelajaran yang tepat, salah satunya adalah model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) pada materi kubus dan balok di SMPN 9 Karang Baru. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental dan jenis penelitian one group pretest-posttest. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh yaitu semua populasi dijadikan sebagai anggota sampel. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII di SMPN 9 Karang Baru yaitu berjumlah 16 orang siswa. Instrumen penelitian berupa pretest dan posttest yang didalamnya terdapat indikator-indikator pemahaman matematis. Tes yang digunakan berbentuk uraian dengan masing-masing terdiri dari 5 buah soal. Uji hipotesis penelitian menggunakan paired samples t-test pada aplikasi SPSS versi 26. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi  diperoleh Sig. (2-tailed)  < 0,05atau 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh sebab itu didapat bahwa ada peningkatan pada pemahaman matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) pada materi kubus dan balok di SMPN 9 Karang Baru.

Keywords: Pemahaman Matematis, Visualization Auditory Kinesthetic (VAK), Kubus dan Balok


Full Text:

265-272

References


Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: Elex Media Komputindo.Bostrom, L. (2011). Effects of learning-style responsive versus traditional approaches on grammar achievement. Institute for Learning Styles Journal, 1, 1–28.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

DePorter, B. (2010). Quantum Teaching : Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas . Bandung: Kaifa.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Woodland Hills, CA: Indiana University

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: Refika Aditama.

Jihad, A. H. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kartono, S. A. (2017). Analisis kemampuan koneksi matematis berdasarkan gaya belajar siswa pada model pembelajaran VAK dengan self assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6, 148–156.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Noorbaiti, R., Fajriah, N., & Sukmawati, R. A. (2018). Implementasi model pembelajaran visual-auditory-kinestetik (VAK) pada mata pelajaran matematika di kelas VII E MTsN Mulawarman Banjarmasin. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 108–116.

Nurmuslimah, A. F., Stefani, R., & Chotimah, S. (2019). Penerapan pendekatan visualization auditory kinesthetic untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP. JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 4(1), 14–20.

Rizqi, V. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Pembelajaran Konstektual Dengan Gaya Belajar-VAK. Journal of Medives, 1(2), 124–133.

Ruqoyyah, S., Murni, S & Linda, L. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep dan Resiliensi Matematika dengan VBA Microsoft Excel. Purwakarta: CV. Tre Alea Jacta Pedagogie.

Sariningsih, R. (2014). Pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(2), 150–163.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Surat, I. M. (2016). Pembentukkan karakter dan kemampuan berpikir logis siswa melalui pembelajaran matematika berbasis saintifik. EMASAINS, 1(1), 1–17.

Wallace, M. J., & Bau, T. H. (1991). Training foreign language teachers: A reflective approach. Cambridge: Cambridge University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id