Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Segiempat dengan Menggunakan Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) pada Siswa SMP Kelas VII
Abstract
Perangkat pembelajaran yang sudah ada belum maksimal untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif dan masih perlu perbaikan karena tidak mengintegrasikan model pembelajaran yang baru dan terbatas pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) saja. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh perangkat pembelajaran materi segiempat dengan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) pada Siswa SMP kelas VII yang valid. Perangkat pembelajaran tersebut berupa RPP satu halaman, LKPD dan Tes Hasil Belajar (THB). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model Plomp, dengan tahapan investigasi awal, perancangan, dan penilaian. Namun pada penelitian ini dibatasi hingga dua tahapan saja yakni investigasi awal dan perancangan. Sumber data penelitian ini diperoleh dari tiga dosen ahli yang merupakan dosen Program Studi Matematika FKIP Universitas Syiah Kuala yang berperan sebagai validator. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar validasi. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran pada materi segiempat yang terdiri dari persegi, persegi panjang dan jajargenjang dengan hasil analisis validasi berupa RPP satu halaman, LKPD dan THB memperoleh kriteria sangat valid. Skor rata-rata total untuk RPP pada setiap pertemuan yaitu 4,37, LKPD untuk setiap pertemuan yaitu 4,46, dan THB yaitu 4,65 yang ketiganya menunjukkan kriteria sangat valid. Harapannya, peneliti berikutnya dapat melakukan uji praktis dan efektif dari perangkat pembelajaran yang diperoleh.
Keywords: Pengembangan, Perangkat pembelajaran, Rotating trio exchange.
Full Text:
242-251References
Agung, S., Ma’rufi, M. R., & Ilyas, M. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Media Aplikasi Geogebra Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Siswa. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(2), 194-210.
Anisah, A., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2011). Pengembangan soal matematika model PISA pada konten quantity untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Asma, N., Ikhsan, M., & Hajidin, H. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Cabri 3D. Jurnal Peluang, 7(1), 86-93.
Asra, S. (2007). Metode pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Azwar, S. (2016). Konstruksi Tes Kemampuan Kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ernawati, E., Ikhsan, M., & Saminan, S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pembuktian dengan Strategi Abduktif-Deduktif untuk Meningkatkan Kemampuan Geometri Siswa SMA. Jurnal Peluang, 7(1), 157-164.
Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77-85.
Hadi, S. (2015). The mathematics education reform movement in Indonesia. Dalam Selected regular lectures from the 12th International Congress on Mathematical Education (pp. 253-267). Springer, Cham.
Harnita, F., Johar, R., Hasbi, M., & Sulastri, S. (2021). Validitas Soal Higher-Order Thinking Skill Matematika Berkonteks Kebencanaan untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Elemen, 7(1), 1-13.
Husna, P. S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Rotating Trio Exchange (RTE) pada Siswa SMP Negeri 2 Labuhan Deli. Skripsi, tidak diterbitkan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara: Medan.
Husnawati. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbasis Budaya Aceh Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa SMP. Tesis, tidak diterbitkan, Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala: Banda Aceh.
Ifamuyiwa, A. S., & Ajilogba, S. I. (2012). A problem solving model as a strategy for improving secondary school students’ achievement and retention in further mathematics. Journal of Science and Technology, 2(2), 122-130.
Kadir, A. (2015). Menyusun dan menganalisis tes hasil belajar. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 70-81.
Kemendikbud. (2013). Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Matematika. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2019). Permendikbud No 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Khomsiatun, S. & Retnawati, H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 92-106.
Laksmiwati, P. A., & Retnowati, E. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran geometri berbasis kecerdasan majemuk siswa SMP kelas VIII. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 1-11.
Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan praktikalitas lembar kerja peserta didik (LKPD) materi kingdom plantae berbasis pendekatan saintifik untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 170-177.
Murniati, L. D., Candiasa, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkat-kan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46(2 Juli).
Nasution, M. D., & Oktaviani, W. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP PAB 9 Klambir V TP 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1).
Nazarudin. (2007). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Ningsih, E. F., Anwar, M. S., Sari, I. R., & Amalia, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Etnomatematika pada Situs Purbakala Pugung Raharjo. Pi: Mathematics Education Journal, 3(1), 18-27.
Plomp, T & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research. Senschede: SLO.
Putra, Y. Y., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Konten Bilangan untuk Mengetahui Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Elemen, 2(1), 14-26.
Rohim, A., Yuwono, I., & Mulyati, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Segiempat Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP. Disertasi , tidak diterbitkan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang: Malang.
Rohman, R. K., & Ritonga, P. S. (2020). Desain dan Uji Coba Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Probing-Prompting pada Materi Sistem Periodik Unsur. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 10(1), 53-63.
Tyas, E. H., Hamdu, G., & Pranata, O. H. (2020). Analisis Soal Pilihan Ganda dengan Menggunakan Pemodelan RASCH untuk Mengukur Kemampuan Siswa dalam Mengurutkan Bilangan Pecahan di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 1-12.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id