Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Teorema Pythagoras Berbasis Daring melalui Model Pembelajaran CORE untuk Membangun Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Maulinda Maulinda, Cut Morina Zubainur, Mukhlis Hidayat

Abstract


Matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan secara daring dalam masa COVID-19. Salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh siswa yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis agar mudah dalam menyelesaikan berbagai masalah matematika. Kemampuan tersebut dapat dilatih melalui pemberian permasalahan yang membutuhkan waktu bagi siswa untuk berpikir. Model pembelajaran CORE menjadi solusi, karena menitikberatkan siswa terlibat aktif dalam mengandalkan daya pikirnya dan memberdayakan pengetahuan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran pada materi Teorema Pythagoras melalui model pembelajaran CORE berbasis daring untuk membangun kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Model Plomp dengan tiga tahapan yaitu pengkajian awal, perancangan, dan penilaian. Sesuai dengan tujuan penelitian, maka penelitian ini hanya menjalankan dua dari tiga tahapan tersebut yaitu tahap pengkajian awal dan perancangan. Tahap pengkajian awal terdiri atas kegiatan analisis kurikulum, analisis materi Teorema Pythagoras, analisis model pembelajaran CORE, analisis peraturan pelaksanaan pembelajaran untuk masa darurat COVID-19, dan analisis kebutuhan perangkat. Tahap perancangan yaitu tahap pembuatan perangkat pembelajaran dan kegiatan validasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu validator yang merupakan ahli di bidang pendidikan matematika dan teman sejawat yang merupakan lulusan magister pendidikan matematika. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar analisis kurikulum, analisis materi Teorema Pythagoras, analisis model pembelajaran CORE, analisis peraturan pelaksanaan pembelajaran untuk masa darurat COVID-19 dan analisis kebutuhan perangkat serta lembar validasi lintasan belajar, RPP, LKPD, dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (TKPMM). Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran berupa lintasan belajar, RPP, LKPD dan TKPMM pada materi Teorema Pythagoras melalui model pembelajaran CORE untuk tiga kali pertemuan memenuhi kriteria valid dari aspek isi dan konstruk. Implikasi penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran yang dihasilkan perlu diujicobakan untuk menguji kepraktisan serta diterapkan pada beberapa sekolah untuk mengukur efektivitas.

Keywords:     Perangkat pembelajaran, Daring, CORE, Pemecahan masalah matematis.


Full Text:

252-264

References


Anisa, D. S., Zulkarnain, I., & Ansori, H. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran CORE di SMPN 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurmadikta, 1(2), 62-68.

Ayda, E., & Widjajanti, D. B. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teorema Pythagoras dengan Media Berbantuan Komputer. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1).

BNSP. (2014). Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Fadillah, Syarifah. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Peneltian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

Jacob, C. (2005). Pengembangan Model CORE dalam Pembelajaran Logika dengan Pendekatan Reciprocal Teaching bagi Siswa SMA Negeri 9 Bandung dan SMA Negeri 1 Lembang. Laporan Piloting Pendidikan Matematika MIPA. Bandung: UPI.

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016. Didapat pada: https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2009/06/Permendikbud_Tahun2016_Nomor022_Lampiran.pdf. Diakses pada 14 Oktober 2021.

Kemendikbud. (2020). SE Mendikbud: Kebijakan Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Didapat dari https://www.kemdikbud.go.id. Diakses pada 2 Mei 2021.

Luksiana, E., & Purwaningrum, J. P. (2018). Model Pembelajaran CORE untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berbantuan Media Batik. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 98-102.

Nieveen, N. (1999). Prototyoing to Reach Product Quality. Design Approaches and Tolls in Education and Training, 125–135.

Plomp, T. (2013). Educational Design Research. Enchede: Netherlands Institude for Curiculum Development.

Polya, G. (1985). How To Solve It 2nd ed. Princeton University Press: New Jersey.

Rosemberg, Marc. J. (2001). E-Learning: Strategies for Delivering Knowledge in The Digital Age. USA: McGraw-Hill Companies.

Satriani, G. A. N. D., DANTES, D. N., & Jampel, I. N. (2015). Pengaruh Penerapan Model CORE Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Kovariabel Penalaran Sistematis pada Siswa Kelas Iii Gugus Raden Ajeng Kartini Kecamatan Denpasar Barat. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1).

Soule, H., & Wesolowski, K. (2011). Common Core Toolkit. Tucson: Edleader.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id