Persepsi Siswa dengan Latar Belakang Pendidikan Tahfidzul Quran terhadap Matematika

Cut Maisarah, M. Ikhsan, Khairul Umam

Abstract


Matematika itu penting dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari serta aplikasinya banyak digunakan dalam ilmu pengetahuan. Namun kenyataannya, sampai saat ini masih banyak siswa pada umumya memiliki persepsi negatif serta kurang tertarik terhadap matematika dan tidak sedikit pula yang mengasumsikan matematika menyeramkan, hingga sedapat mungkin untuk dihindari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana persepsi siswa MAN Aceh Barat Daya yang berlatar belakang pendidikan tahfidzul quran terhadap matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa MAN Aceh Barat Daya yang berlatar belakang pendidikan tahfidzul quran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sendiri, sedangkan instrumen pendukung berupa pedoman wawancara semi terstruktur. Data dianalisis dengan menggunakan prosedur yang dikemukakan oleh Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa MAN Aceh Barat Daya yang berlatar belakang pendidikan tahfidzul quran umumnya masih memiliki persepsi negatif terhadap matematika.

Keywords: Persepsi Siswa, Pendidikan Tahfidzul Quran, Matematika.


Full Text:

222-230

References


Abdussakir. (2008). Pentingnya Matematika dalam Pemikiran Islam. Makalah dipresentasikan pada seminar internasional The Role of Science and Technology in Islamic Civilization, Juli 19, Malang.

Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Jawa Tengah: Pena Persada.

BR Karo, D. (2017). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Interkoneksi Matematika Al–Qur’an Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Islam An–Nur Prima Medan TA 2017/2018. Disertasi Doktor. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara: Medan.

Isrok’atun, Hanifah, N., Maulana, & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains Secara Integratif melalui Situation- Based Learning. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Syaripah. (2016). Pengaruh Persepsi Pembelajaran Matematika terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Bidang Matematika di Sekolah SMA N 1 Curup Timur T.P 2015/2016. Jurnal Edutech, 2(2), 117-130.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trygu. (2020). Studi Literatur Problem Based Learning untuk Masalah Motivasi bagi Siswa dalam Belajar Matematika. Gunungsitoli: Guepedia.

Walgito, B. (2003). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.

Wardhani, S. (2010). Implementasi Karakteristik Matematika dalam Pencapaian Tujuan Matapelajaran Matematika di SMP/MTs. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id