Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus di SMP Negeri 1 Banda Aceh
Abstract
Salah satu keterampilan dalam belajar matematika ialah siswa harus mampu menguasai kecakapan mereka dalam pemecahan masalah karena hal itu melambangkan tujuan utama pengajaran matematika. Riset ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi persamaan garis lurus dan untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi siswa dalam memecahkan soal kemampuan pemecahan masalah di SMP Negeri 1 Banda Aceh. Dalam riset ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek yang terlibat dalam riset ini ialah siswa kelas VIII-8 di SMP Negeri 1 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ialah tes dan wawancara. Tes tersebut diberikan kepada 16 siswa yaitu soal uraian sebanyak 5 butir. Wawancara dilakukan terhadap 5 orang siswa yang mewakili setiap kriteria perolehan skor. Hasil riset yang diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa termuat di semua kriteria. Kriteria sangat baik diperoleh dengan persentase siswa 12,5%, kriteria baik 6,25%, kriteria cukup 12,5%, kriteria kurang 50% dan kriteria sangat kurang 18,25%. Sehubungan dengan wawancara terhadap 5 subjek dari masing-masing kriteria yang diperoleh bahwa siswa masih banyak mengalami hambatan dalam mengerjakan penyelesaian soal pemecahan masalah. Hambatan-hambatan tersebut didiskusikan dalam teks.
Keywords: Kemampuan, pemecahan masalah matematis, persamaan garis lurus.
Full Text:
231-241References
Arikunto, Suharsimi. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Bernard, Martin. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX pada Materi Bangun Datar. Supremum Journal of Mathematics Education, 2(2).
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Virginia: NCTM, Inc.
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).
Polya, G. (1985). How to Solve It: A New Aspect Mathematical Methods. New Jersey: Priceton University Press.
Susilawati. (2012). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Matematika Siswa Kelas VI SMP N 1 Gamping dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.
Suswigi., & Luvi, S Zanthy. (2019). Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa MTS di Cimahi pada Materi Persamaan Garis Lurus. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
Syafrina, Rima. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Strategi REACT di SMP Negeri 17 Banda Aceh. Skripsi. Universitas Syiah Kuala: Banda Aceh.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id