Pengaruh Media Sosial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMA Negeri 14 Iskandar Muda Banda Aceh
Abstract
Pembelajaran online mulai umum dilaksanakan karena pandemi Covid-19, yakni dengan menggunakan media sosial, salah satunya WhatsApp. WhatsApp telah digunakan oleh beberapa peneliti untuk melihat keefektifannya sebagai media penyampaian materi pembelajaran, pengaruhnya terhadap minat belajar, proses belajar, keaktifan siswa dalam pembelajaran online, waktu belajar, konsentrasi belajar dan perilaku menunda pekerjaan rumah. Namun penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh WhatsApp terhadap hasil belajar matematika masih terbatas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media sosial yaitu WhatsApp terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-MIPA SMA Negeri 14 Iskandar Muda, Banda Aceh yang terdiri dari 21 orang. Penelitian ini termasuk penelitian nonparametrik karena menggunakan sampel penelitian kurang dari 30, data tidak berdistribusi normal, data media sosial berskala ordinal dan data hasil belajar berskala interval yang kemudian diubah ke skala ordinal. Data penelitian ini diperoleh dengan cara dokumentasi nilai ujian matematika Semester I Tahun Ajaran 2020/2021 dan angket penggunaan media sosial sebanyak 20 pertanyaan. Pengaruh antara media sosial dan hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji chi kuadrat dan dilanjutkan dengan uji koefisien kontigensi untuk mengetahui tingkat korelasi. Hasil penelitian diperoleh dan , sehingga , yang berarti tidak terdapat pengaruh antara penggunaan media sosial dan hasil belajar matematika. Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan untuk penelitian serupa sebaiknya memperbanyak sampel penelitian dengan menggunakan lokasi penelitian berbeda.
Keywords: Media sosial, WhatsApp, Hasil belajar matematika.
Full Text:
213-221References
Aisyah, S. (2010). Pengaruh media pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa MAN Lhokseumawe (Doctoral dissertation, Pascasarjana UIN-SU). Didapat dari website UIN-SU: http://repository.uinsu.ac.id/2023/
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Azwar, S. 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bina, N. S. (2021). Pengaruh Platform Pembelajaran Daring YouTube Terhadap Kemampuan Matematis di Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 32-39.
Florayu, B., Isnaini, M., & Testiana, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komik terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 45-56.
Komariah, N., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2019). Pengaruh Penerapan Model PBL Berbantuan Media Google Classroom Terhadap Hots, Motivasi dan Minat Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 1(2), 102-113.
Lestari, I. (2015). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal ilmiah pendidikan MIPA, 3(2).
Moleong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nova, M., & Rahmi, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah disertai Teknik Berikan Uangnya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 16 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 273-278.
Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 5362.
Rahman, J. (2017). Pengaruh Media Sosial Bagi Proses Belajar Siswa. Jurnal Kemenag Kalimantan Selatan, 3(4).
Rohmadi, A. (2016). Tips Produktif Ber-social Media. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).
Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Supangat, A. (2012). Statistika dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparametrik. Jakarta: Kencana Media Group.
Susanto, A. M. P. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana.
Suwastika, I. W. K. (2018). Pengaruh e-learning sebagai salah satu media pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), 13(1), 1-5.
Usman, H., & Akbar, P. S. (2008). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Wibisino, T., & Mulyani, Y. S. (2018). Analisis Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Prestasi Akademik Pelajar Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(1), 1-7.
Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. (2018). Pengaruh penggunaan media bervariasi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 103-107.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id