Motivasi Belajar dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP PKPU Aceh Besar Tahun Ajaran 2018/2019

Rahmah Rahmah, R Salasi, Cut Khairunnisak

Abstract


Motivasi yang dimiliki oleh siswa akan mendorong siswa untuk belajar lebih giat agar memperoleh hasil belajar optimal sesuai dengan yang mereka harapkan. Risen ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar matematika dengan hasil belajar matematika siswa. Pendekatan dalam riset ini yaitu kuantitatif dengan jenis pendekatan deskriptif korelasional. Populasi dan sampel penelitian yakni seluruh siswa kelas VIII SMP PKPU yaitu sebanyak dua kelas. Pengumpulan data dilaksanakan dengan memakai instrumen angket dan dokumentasi nilai hasil belajar siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif. Untuk melihat ada tidaknya hubungan motivasi belajar dan hasil belajar digunakan uji korelasi product moment Pearson, dengan uji-t pada taraf signifikan . Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP PKPU Aceh Besar Tahun Ajaran 2018/2019. Hal ini terlihat pada hasil perhitungan korelasi, yaitu  dan hipotesis yang diuji dengan taraf signifikan  dan . Sehingga didapat , yaitu  maka  ditolak dan  diterima. Motivasi belajar yang diperoleh siswa mempengaruhi hasil belajar siswa, karenanya diperlukan motivasi agar hasil belajar meningkat.

 

Kata Kunci:     Motivasi, Belajar, Hasil Belajar.


Full Text:

106-112

References


Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, B. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Press.

Nurima. (2013). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 4 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2011/2012, Skripsi, Tidak Dipublikasikan. Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Sardiman, A. M. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Schunk, D. H. (2013). Learning Theories. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, A. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Grafindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi & Pengukuran. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id