Kualitas Tes Ujian Semester Genap Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh Tahun Ajaran 2018/2019

Ahmad Makhraji, R Salasi, Mukhlis Hidayat

Abstract


Tes ialah suatu prosedur untuk menilai kemampuan tertentu. Tes haruslah mempunyai kualitas yang baik sehingga dapat mengukur kemampuan tertentu yang hendak dicapai. Setiap soal tes hendaknya harus dianalisis terlebih dahulu, agar terwujud suatu alat tes yang berkualitas baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas tes ujian semester genap mata pelajaran matematika di kelas VII SMPN Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 60 siswa yang berasal dari dua kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan pengolahan data dengan cara menganalisis hasil jawaban siswa untuk menentukan kualitas tes yang meliputi analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan fungsi pengecoh. Data diambil dari lembar naskah soal dan distribusi jawaban siswa yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda yang dipakai pada ujian semester genap tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menyatakan bahwa kualitas tes belum cukup baik dalam melakukan evaluasi untuk menilai kemampuan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini perlu kiranya menjadi pertimbangan bagi guru terutama bidang studi matematika dalam menyusun alat evaluasi yang berkualitas, sehingga terdapat perbaikan pada soal tes yang diberikan kedepannya dan tercipta kemajuan pada mutu pendidikan.

 

Kata Kunci:     Matematika, Evaluasi, Analisis kualitas tes.

 


Full Text:

113-120

References


Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Damanhuri, A. (2017). Kualitas Tes Ujian Semester Ganjil Buatan Guru Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Glisyando, Salasi, & Yuhasriati. (2017). Kualitas Soal dan Ketuntasan Belajar Matematika Kelas VII Semester I SMP Negeri 6 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 38-44. Didapat dari http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/

Johar, R. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Deepublish.

Muarief, S. I., Salasi, & Yuhasriati. (2017). Kualitas Tes dan Penguasaan Materi Matematika Siswa pada Ujian Semester Ganjil Kelas X MAN Model Banda Aceh Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 75-80. Didapat dari http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/

Nora, C. H. (2018). Analisis Butir Soal Ujian Semester Genap Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII di MTsN 4 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Salasi. (2013). Penyusunan dan Pengembangan Alat Evaluasi Hasil Belajar. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Salmayzuri, Ruslan, & Pristiwaluyo, T. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran Matematika di SMA Negeri Watansoppeng. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 1(1), 1-6.

Sukardi. (2008). Evaluasi Pendidikan: Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id