Kemampuan Siswa dalam Mengajukan Dugaan dan Melakukan Manipulasi Matematika melalui Model Discovery Learning di Sekolah Menengah Aceh

Raudhatul Jannah, Cut Morina Zubainur, Syahjuzar Syahjuzar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kemampuan siswa dalam mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi matematika melalui model discovery learning di sebuah sekolah menengah di Kota Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan mix method. Jenis desain penelitian ini menggunakan strategi triangulasi konkuren. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII-4 di SMPN 6 Banda Aceh yang berjumlah 30 siswa. Adapun yang menjadi sampel yaitu 1 kelompok yang dipilih secara random yang terdiri dari 5 siswa. Data diperoleh dari hasil tes kemampuan penalaran matematis dan wawancara semi terstruktur. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif yaitu dengan membandingkan data hasil tes dan wawancara dengan deskripsi kemampuan mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi matematis. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan siswa dalam mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi matematika melalui model discovery learning berkembang untuk setiap pertemuan. Pada pertemuan pertama, 5 dari 5 siswa yang diamati sudah memenuhi kemampuan mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi matematika. Pada pertemuan kedua, 5 dari 5 siswa yang diamati belum memenuhi kemampuan mengajukan dugaan, sedangkan 2 dari 5 siswa sudah memenuhi untuk kemampuan melakukan manipulasi matematika. Pada pertemuan ketiga, 5 dari 5 siswa yang diamati sudah memenuhi kemampuan mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi matematika.

Kata Kunci: Mengajukan dugaan, Melakukan manipulasi matematika, Discovery learning.


Full Text:

70-78

References


Ahmad, H. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematika materi trigonometri melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik pada kelas X SMA Negeri 11 Makassar. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 299-307. doi:https://doi.org/10.26858/jds.v3i3.1697

Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2019). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui model discovery learning. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 77-86. doi:https://doi.org/10.24815/jdm.v3i1.4639

Creswell, J. W. (2013). Research Design: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed (Edisi Ketiga). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fajri, N. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning di SMAN Unggul Harapan Persada Aceh Barat Daya [Tesis yang tidak dipublikasikan]. Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Indriani, T., Hartoyo, A., & Astuti, D. (2017). Kemampuan penalaran adaptif siswa dalam memecahkan masalah kelas VIII SMP Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(2).

Johar, R., & Hanum, L. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Deepublish.

Lasati, D. (2006). Efektivitas pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada pembelajaran persamaan garis lurus siswa SMP Nasional KPS Balikpapan. Jurnal Pendidikan Inovatif, 1(2), 20-23.

Reta, I. K. (2012). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis ditinjau dari gaya kognitif siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1).

Tukaryanto, T., Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan kemampuan penalaran matematik dan percaya diri siswa kelas X melalui model discovery learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 1, hal. 566-662. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20211

van Joolingen, W. (1998). Cognitive tools for discovery learning. International Journal of Artificial Intelligence in Education (IJAIED), 385-397.

Wardhani, S. (2005). Pembelajaran dan Penilaian Hasil Belajar Matetika SMP Aspek Pemahaman Konsep, Penalaran dan Komunikasi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Yunita, F. (2018). Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Melukis Grafik pada Pelajaran Matematika di Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2017/2018 [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara]. Diambil dari http://repository.uinsu.ac.id/4465/1/SKRIPSI.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id