Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Videoscribe terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koordinat Kartesius di SMPN 7 Banda Aceh
Abstract
Model pembelajaran penemuan telah menjadi satu rekomendasi penting untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Keunggulan model ini salah satunya adalah mampu meningkatkan hasil belajar siswa yang tergolong rendah, sehingga pembelajaran dapat dianggap tuntas. Meskipun penerapan model ini tergolong sulit untuk disesuaikan dengan materi matematika, maka peneliti mencoba untuk mengkaji secara mendalam dengan menggunakan bantuan media pembelajaran. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning dan media videoscribe pada materi koordinat kartesius. Pendekatan yang lakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan bentuk desain penelitian yakni one shoot case study. Sampel yang diambil pada penelitian ini yakni peserta didik kelas VIII-7 sebanyak 26 siswa di SMP Negeri 7 Banda Aceh. Proses pengumpulan data pada penelitian ini dengan memberikan tes setelah kegiatan pembelajaran berlangsung yang kemudian dibandingkan dengan nilai kriteria ketuntasan minimal yang terdapat di sekolah. Data yang didapat dari hasil penelitian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 7 Banda Aceh pada materi koordinat kartesius melalui model discovery learning berbantuan media videoscribe di SMP Negeri 7 Banda Aceh mencapai ketuntasan. Disarankan kepada guru agar dapat menggunakan media sesuai kebutuhan dan kegunaannya dalam pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Discovery Learning, Videoscribe, Hasil Belajar.Full Text:
62-69References
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Azizah, D. (2013). Eksperimentasi pembelajaran realistik ditinjau dari aktivitas belajar siswa pada materi segiempat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 57-69.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hakim, S. A. (2017). Pengaruh Media Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan di Kelas VII SMPN 1 Simpang Tiga Kabupatem Aceh Besar. Skripsi, UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Diakses dari https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1127/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Marantika, A., Handayani, T., & Putri, A. D. (2015). Pengaruh metode discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran matematika di SMP Pelita Palembang. Jurnal Pendidikan Maematika RAFA, 1(2), 161-183. Diakses dari http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1229
Setiyowati, P., & Panggayuh, V. (2019). Pengaruh model discovery learning menggunakan videoscribe sparkol terhadap hasil belajar SMK Perwari Tulungagung kelas X tahun ajaran 2017/2018. Journal of Education and Information Communication Technology, 3(1), 12-21.
Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: Studi pendahuluan pada siswa yang menyenagi game. Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia. Diakses dari http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2193/1655
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Supriyanto, B. (2014). Penerapan discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI B mata pelajaran matematika pokok bahasan keliling dan luas lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 3(2), 165-174.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id