Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Bangun Datar melalui Model Meaningful Instructional Design di SMP PKPU Aceh Besar
Abstract
Kemampuan koneksi matematika memiliki peranan yang penting dalam pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa pada materi bentuk aljabar melalui model Meaningful Instructional Design kelas VII SMP PKPU Aceh Besar tahun ajaran 2019/2020. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperiment dengan pre-eksperimental design jenis One-Shot Case Study. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP PKPU Aceh Besar yang terdiri atas dua kelas. Sampel penelitian yaitu 31 siswa kelas VII-A. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes kemampuan koneksi matematis yang diberikan sebanyak 5 soal berbentuk esai. Uji-t pihak kanan digunakan dalam pengolahan data. Hasil dari pengolahan data didapat thitung = 2,42 dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = 30. Karena thitung > ttabel, maka ditolak dan terima . Sehingga kesimpulan yang diperoleh ialah kemampuan koneksi matematis siswa pada materii bentuk aljabar di kelas VII SMP PKPU Aceh Besar mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil analisa tiga aspek kemampuan koneksi matematis, secara umum kemampuan siswa sudah mencapai taraf baik. Dari ketiga aspek tersebut, kemampuan siswa paling tinggi yaitu mengkoneksikan materi bentuk aljabar dengan topik yang ada dalam matematika. Selanjutnya, kemampuan siswa tergolong sedang yaitu mengkoneksikan bentuk aljabar dengan kehidupan sehari-hari dan tergolong rendah yaitu mengkoneksikan materi bentuk aljabar dengan materi fisika atau bidang studi lain.
Kata Kunci: Koneksi Matematika, Meaningful Instructional Design, Bentuk Aljabar.Full Text:
54-61References
Ferrini-Mundy, J. (2000). Principles and Standards for School Mathematics: A Guide for Mathematicians. Reston, VA: NCTM.
Haety, N. I., & Mulyana, I. (2013). Pengaruh pembelajaran model matematika Knisley terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa SMA. Jurnal Online Pendidikan Matematika Kontemporer, 1(1). Diakses dari http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jopmk/article/download/38/32
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2008). Kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa SMP melalui pembelajaran open ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118. doi:http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67. doi:https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117
Sihombing, B., & Sinaga, C. V. (2015). Penerapan teori Ausubel dengan menggunakan metode inkuiri pada matakuliah kalkulus. Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan, 1(3), 102-112.
Sritresna, T. (2015). Meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa melalui model pembelajaran Cooperative-Meaningful Instructional Design (C-MID). Mosharafa, 5(1), 38-47. Diakses dari https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/download/mv4n1_5/248
Sudjana, N. (2005). Metoda Statistika (Edisi Keenam). Bandung: PT. Tarsito.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id