Hubungan Ujian Sekolah dan Try Out terhadap Pencapaian Nilai Ujian Nasional Pelajaran Matematika di SMAN 7 Banda Aceh
Abstract
Ujian Sekolah dan Try Out ujian nasional bersama-sama memiliki kontribusi dalam pencapaian nilai ujian nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan ujian sekolah dan try out secara simultan terhadap pencapaian ujian nasional siswa pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Populasi dan sampel penelitian yakni seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 7 Banda Aceh tahun 2018/2019 dengan mengambil sampel sebanyak 60 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan mengunakan teknik dokumentasi yang kemudian dianalisis secara kuantitatif melalui analisis regresi linier ganda, uji korelasi product moment pearson, dan uji statistika-f pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat hubungan ujian sekolah dan try out terhadap pencapaian ujian nasional pelajaran matematika. Hal ini terlihat pada hasil perhitungan korelasi ganda, yaitu dan hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi dan , . Sehingga didapat , yaitu maka H0 ditolak dengan kata lain Ha diterima. Ujian sekolah dan try out memiliki hubungan sebesar 14,01% terhadap pencapain nilai ujian nasional sedangkan selebihnya ditentukan oleh faktor yang lain.
Kata Kunci: Ujian Sekolah, Try Out, Ujian Nasional, Matematika.Full Text:
47-53References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwiatmoko, I. A., Rosa, P. H., & Gunawan, R. (2015). Analisis statistis data nilai ujian nasional dan nilai ujian sekolah menengah atas di daerah istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Widya Teknik, 14(2), 89-95. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/294657938
Fadhiliani, D. (2014). Hubungan Antara Hasil Try Out Ujian Nasional (UN) dengan Hasil UJian Nasional (UN) Mata Pelajaran Matematika SMP Kota Banda Aceh Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.
Fathani, A. H. (2009). Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fathoni, M. (2017). Strategi peningkatan hasil ujian nasional di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Kependidikan, 5(1), 91-102. doi:https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1257
Kemendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 4 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Narimo, F., & Budiyono, M. S. (2014). Hubungan nilai try out terhadap nilai ujian nasional mata pelajaran matematika siswa SMP di Kecamatan Sapuran. EKUIVALEN - Pendidikan Matematika, 9(1), 38-44. Diakses dari http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1232
Raihanah, A. (2018). Hubungan Nilai Ujian Semester dengan Nilai Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.
Sudjana, N. (2005). Metoda Statistika (Edisi Keenam ed.). Bandung: PT. Tarsito.
Sukismo. (2014). Erlangga Fokus UN SMP/MTs 2014. Jakarta: Erlangga.
Tim Penyusun BSNP. (2019). Buku Saku Ujian Nasional 2019. Jakarta: BSNP. Diakses dari http://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2019/03/19_02_19-Buku-Saku-UN-2019-revisi-BS-20-Feb-1.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id