Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Pembelajaran dengan Model Problem Based Learning di Kelas VII SMP
Abstract
Salah satu indikator berpikir tingkat tinggi adalah berpikir kritis. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, diperlukan rancangan pembelajaran yang bisa melatih kemampuan tersebut. Salah satunya yaitu menerapkan model problem based learning (PBL). Tujuan riset ini yaitu mengetahui gambaran kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model Problem Based Learning di kelas VII SMP. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Mixed Method dengan jenis explanatory sequential design. Pemilihan subjek dilakukan secara purposive sampling yaitu kelas VII-A sebagai subjek tes kemampuan berpikir kritis. Subjek wawancara dipilih secara purposive yaitu beberapa siswa dengan kemampuan berpikir kritis pada kategori sangat kritis, kritis, cukup kritis, kurang kritis dan tidak kritis. Instrumen penelitian adalah soal tes berbentuk uraian yang penyelesaiannya mengandung indikator berpikir kritis dan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat 0% subjek memiliki kemampuan berpikir matematis yang sangat kritis, 33% subjek memiliki kemampuan berpikir yang kritis, 43% subjek berada di kategori berpikir cukup kritis, 24% subjek berada di kategori berpikir yang kurang kritis dan 0% subjek berada di kategori berpikir tidak kritis. Perlu adanya pertimbangan menerapkan PBL untuk membiasakan siswa memecahkan masalah sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Problem Based Learning, Aktivitas Belajar.Full Text:
33-39References
Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed (Edisi Ketiga ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Furrahmah, M., Johar, R., & Zaura, B. (2018). Kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pola bilangan di kelas VIII MTsN Model Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(2), 83-90.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
Meilita, S. P. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di kelas VII SMPN 10 Banda Aceh. Skripsi, Tidak dipublikasikan, Universitas Syiah Kuala.
Rahmaton. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis melalui Strategi REACT pada Siswa Kelas VII MTsN 6 Aceh Besar. Skripsi, UIN Ar-Raniry. Diakses dari https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3176/2/Rahmaton.pdf
Retnowati, D., Sujadi, I., & Subanti, S. (2016). Proses berpikir kritis siswa kelas XI Farmasi SMK Citra Medica Sragen dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(1), 105-116.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simonangkir, F. M. (2018). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 29-42. doi:http://dx.doi.org/10.30738/.v6i1.2082
Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017). Pentingnya berpikir kritis dalam pebelajaran matematika untuk menghadapi tandatangan MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika X (hal. 605-612). Semarang: Universitas Negeri Semarang. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21554
Umuroh, K., & Agoestanto, A. (2017). Implementasi model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan kedisiplinan siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika X (hal. 532-538). Semarang: Universitas Negeri Semarang. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21570
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id