Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Strategi Pembelajaran Prediction-Observation-Explanation (POE) di Kelas VIII SMPN 18 Banda Aceh

Lisa Lusiana, Suhartati Suhartati, Tuti Zubaidah

Abstract


Berpikir kritis adalah aspek yang perlu didorong oleh guru dalam pembelajaran matematika. Namun, berdasarkan observasi awal yang sudah pernah dilaksanakan, pembelajaran matematika yang masih berpusat pada guru, mengakibatkan kemampuan berpikir kritis siswa masih sukar berkembang. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran  matematika  perlu mengembangkan ide untuk berpikir kritis maka dari itu ide yang dapat digunakan yakni strategi pembelajaran Prediction-Observation-Explanation (POE). Target penelitian yaitu untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui strategi Prediction-Observation-Explanation (POE). Penelitian ini memanfaatkan pendekatan kuantitatif. Desain yang dapat dipakai yakni pre-experimental dengan jenis one—shot case study. Populasi penelitian ini yakni semua siswa SMPN 18 Banda Aceh kelas VIII yang terdiri dari lima kelas, sampel dipilih secara acak sehingga diperoleh siswa kelas VIII/5 sebanyak 25 orang. Alat yang digunakan pada penelitian  ini tes yang terdiri dari empat soal uraian berpikir kritis tentang materi statistika yang digunakan ketika post-test. Data yang diperoleh pada post-test dianalisis menggunakan uji t pihak kanan untuk melihat proses berpikir kritis siswa melalui strategi pembelajaran Prediction-Observation-Explanation (POE). Hasil penelitian membuktikan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 18 Banda Aceh dapat mencapai kategori baik.

KataiKunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Strategi Pembelajaran Prediction-Observation-Explanation (POE)


Full Text:

25-32

References


Ennis, R. H. (1996). Critical thinking dispositions: Their nature and assessability. Informal Logic, 18(2), 165-182. doi:https://doi.org/10.22329/il.v18i2.2378

Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Ismawati, Y. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah SPLDV Siswa dan kemampuan Tinggi di Kelas VIII SMP Kristen Satya Wacana Berdasarkan Tahapan Polya Ditinjau dari Tingkat Kesukaran Soal. Diakses dari https://adoc.tips/disusun-untuk-memenuhi-syarat-mencapai-gelar-sarjana-pendidi.html

Joyce, C. (2006). Predict, Observe, Explain (POE). Diakses 22 Juli 2019, dari https://arbs.nzcer.org.nz/: http://arb.nzcer.org.nz/strategies/poe.php

Kowiyah. (2012). Kemampuan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(5), 175-179. Diakses dari http://simakip.uhamka.ac.id/publication/collections/jurnal/detail/446/kemampuan-berpikir-kritis-

Restami, M. P., Suma, K., & Pujani, M. (2013). Pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explaint) terhadap pemahaman konsep fisika dan sikap ilmiah ditinjau dari gaya belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1), 1-11.

Sudiadnyani, P., Sudana, D. N., & Garminah, N. (2013). Pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SD di Kelurahan Banyuasri. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). doi:http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.890

Yulianto, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kognitif Fisika SMP. Undergraduate Thesis, Universitas Negeri Semarang. Diakses dari lib.unnes.ac.id/23000/1/4201409085.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id