Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Statistika di SMP Negeri 10 Banda Aceh
Abstract
Perlunya kemampuan komunikasi matematis (KKM) bertolak belakang dengan fakta, dibuktikan oleh PISA dengan hasil survey yang menyatakan di Indonesia kemampuan matematis khususnya kemampuan komunikasi matematis tergolong masih rendah, disisi lain hasil survey oleh IMSTEP-JICA kecenderungan siswa pasif dalam pembelajaran mempengaruhi kemampuan komunikasi, sehingga dibutuhkan solusi yang dapat digunakan dan memiliki dampak membantu mengembangkan KKM dan aktivitas siswa. Alternatif solusinya adalah model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini memiliki tujuan yaitu, untuk melihat manakah siswa yang memiliki kemampuan komunikasi lebih baik antara siswa yang melalui model PBL dengan siswa yang melalui model pembelajaran langsung, serta meninjau bagaimana aktivitas saat pembelajaran pada kedua kelas tersebut pada materi statistika. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif jenis eksperimen dan menggunakan desain penelitian semu bentuk non-equivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh, sedangkan sampel adalah experimental class kelas VIII(B) dan control class pada kelas VIII(C). Pengumpulan data KKM melalui soal uraian yang diberikan sebelum dan setelah pembelajaran, sedangkan pengumpulan data aktivitas siswa melalui lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Data kemampuan komunikasi matematis digunakan uji-t pihak kanan sebagai alat uji hipotesis, setelah memenuhi syarat statistik yaitu uji homogenitas dan uji normalitas, sedangkan pengolahan data aktivitas siswa digunakan persentase. Hasilnya adalah siswa yang melalui pembelajaran PBL memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang melalui model pembelajaran langsung, dan siswa yang melalui model PBL tergolong aktif sedangkan siswa yang melalui model pembelajaran langsung tergolong kurang aktif.
Kata Kunci: Kemampuan komunikasi matematis, Aktivitas Siswa, Problem Based Learning (PBL), Model pembelajaran langsung, Statistika.
Full Text:
17-24References
Alamiah, U. S., & Afriyansyah, E. A. (2007). Perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan realistic mathematics education dan open-ended. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 207-216.
Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran auditory intellectualy repetition dan problem based learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67-78.
Ansari, B. I. (2009). Komunikasi Matematika, Konsep, dan Aplikasi. Banda Aceh: Yayasan Pena.
Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed (Edisi Ketiga). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Imelda. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan Media Software Autograph untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemahaman Matematika Siswa. Master Thesis, Universitas Negeri Medan.
Khadijah, I. N., Maya, R., & Setiawan, W. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi statistika. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1095-1104.
Mukhlis. (2005). Pembelajaran Matematika Realistik untuk Materi Pokok Perbandingan di Kelas VII SMP Negeri 1 Palangga. Tesis, Universitas Negeri Surabaya.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Sabila, U., Jamiah, Y., & Hamdani. (2017). Kemampuan komunikasi matematis dan aktivitas belajar dalam pembelajaran peer lesson dan jigsaw materi segiempat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(3). Diakses pada 12 Desember 2018, dari http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18820/15835
Sumunaringtiasih, A. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi, Universitas Lampung. Diakses pada 10 Desember 2018, dari http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29193
Syaban, M. (2002). Matematika dalam Era Globalisasi. EDUCARE, 1(1). Diakses pada 5 Juli 2019, dari http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/3
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id