Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Model Penemuan Terbimbing pada Turunan Fungsi Aljabar di Kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh

Rosika Wahyuni, M. Hasbi, Usman Usman

Abstract


Salah satu permasalahan dalam mempelajari matematika adalah hasil belajar siswa di bawah rata-rata. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing. Model penemuan terbimbing ini dapat diterapkan pada materi turunan fungsi aljabar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan penerapan model penemuan terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi di kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang menggunakan desain True Eksperimental yaitu Pretest-Posttest Control Group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa  kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Sampel dipilih secara acak dan diperoleh kelas XI IA-1 sebagai kelas pemberian tindakan dan pengamatan dan  kelas XI IA-2 sebagai kelas pengawasan (kontrol). Kelas pemberian tindakan dan pengamatan diterapkan model penemuan terbimbing sedangkan kelas pengawasan (kontrol) diterapkan model konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar berbentuk esai  yang diberikan pada saat pre-test dan post-test, masing-masing terdiri atas 10 soal turunan fungsi aljabar. Pemberian kedua tes tersebut dengan mempertimbangkan kesetaraan kesulitan soal. Untuk mengetahui perbedaan  penerapkan model penemuan terbimbing terhadap kemampuan siswa pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh digunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh “terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing dengan hasil belajar siswa dengan model konvensional pada siswa kelas XI SMAN 5 Banda Aceh”. Oleh sebab itu, diharapkan guru dapat memperhatikan keseluruhan aspek dalam pelaksanakan pembelajaran sehingga pembelajaran dapat tercapai dengan baik

Kata Kunci:     Model Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar, Turunan Fungsi


Full Text:

9-16

References


Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajar Konten dan Keterampilan Berpikir (Edisi Keenam). (S. Wahono, Penerj.) Jakarta: PT. Indeks.

Hasibuan, H., & Irwan, M. (2014). Penerapan metode penemuan terbimbing pada pembelajaran matematika kelas XI IPA SMAN 1 Lubuk Alung. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 38-44.

Hudojo, H. (2001). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kemendikbud. (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Penjaminan Mutu. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Manik, M., & Mukhtar. (2017). Penerapan metode penemuan terbimbing dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Ajibata. Jurnal Inspiratif, 3(2), 92-101.

Markaban. (2008). Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematik.

Saselah, N., Jaeng, M., & Sugita, G. (2018). Penerapan Pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 6 Palu pada materi pertidaksamaan satu variabel. Aksioma, 7(1), 58-72.

Ufi, U., Rizal, M., & Hadjar, I. (2017). Penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 19 Palu dalam materi hubungan antar garis dan sudut. Aksioma, 6(1), 86-98.

Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Dalam Hakikat Belajar dan Pembelajaran (hal. 1-46). Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id