Proses Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Non Rutin di SMP Negeri 1 Banda Aceh

Aica Wira Islami, M Hasbi, Yuhasriati Yuhasriati

Abstract


Kegiatan atau proses berpikir yang dilakukan untuk membuat seseorang berhasil memecahkan suatu permasalahan matematika yang memiliki hubungan dengan kemampuan mengingat, mengenali keterkaitan antara konsep matematika, sehingga bisa mengemukakan ide baru untuk membuat suatu kesimpulan dengan tepat. Karena itu, proses berpikir reflektif adalah kemampuan untuk mengaitkan ilmu baru yang telah ia dapatkan dengan ilmu lamanya, sehingga ada kesimpulan untuk pemecahan masalah yang baru. Masalah non rutin adalah masalah yang jarang dimunculkan dalam pertanyaan didalam soal matematika. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah non rutin. Adapun penelitian ini melalui pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif dikarenakan data yang dihasilkan akan disajikan berbentuk kalimat deskripsi. Subjek pada penelitian ini yakni siswa kelas VIII-3 semester ganjil SMP Negeri 1 Banda Aceh. Instrumen yang akan digunakan adalah soal tes berupa 3 soal pertanyaan berbentuk uraian dan pedoman wawancara. Dari 26 siswa kelas VIII-3 yang mengikuti tes ada 4 siswa yang mengikuti wawancara. Keempat subjek adalah siswa yang memenuhi indikator berpikir reflektif dan karakteristik berpikir reflektif. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa dari 4 siswa ada 3 subjek cukup mampu berpikir reflektif dalam menyelesaikan masalah non rutin matematika dan satu subjek tidak mampu berpikir reflektif dalam menyelesaikan masalah non rutin.

 

Kata Kunci:     Proses berpikir reflektif, Penyelesaian masalah, Masalah non rutin.


Full Text:

98-105

References


Ariestyan, Y., Sunardi, & Kurniati, D. (2016). Proses berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi sistem persamaan linear dua avriabel. KadikmA, 7(1), 94-104.

Hamzah, U. (2006). Pembelajaran Matematika Menurut Teori Belajar Konstruktivisme.

Schön, D. (2012). Educating the Reflective Practitioner. Paper Presented at the Meeting of the American Educational Research Association, Washington DC.

Suharna, H. (2011). Berpikir reflektif (reflective thinking) siswa dalam pemecahan masalah pada tahap memeriksa kembali (looking back). CAME2012 UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id