Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas VII SMPN 2 Kuta Baro
Abstract
Matematika merupakan satu dari berbagai ilmu yang berperan penting dalam kehidupan. Berdasarkan riset terdahulu, siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Salah satu penyebab kesulitan tersebut adalah pengaruh penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat, sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Upaya yang bisa ditempuh oleh guru adalah menerapkan model kooperatif tipe STAD. Tujuan riset ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Kuta Baro. Populasi dari riset ini adalah kelas VII dan sample dari riset ini adalah kelas VIIB dengan jumlah 26 siswa. Jenis riset ini adalah kuantitatif. Pendekatan yang dimanfaatkan adalah eksperimen dengan jenis One Shot Case Study. Pengumpulan data dilaksanakan menggunakan instrumen tes hasil belajar. Untuk mengetahui hasil belajar digunakan uji-t dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil yang diperoleh dari riset adalah thitung > ttabel yaitu 5,24 > 1,708. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut di kelas VII SMPN 2 Kuta Baro mencapai ketuntasan belajar. Oleh karena itu, diharapkan pada peneliti lain juga guru untuk menggunakan model ini pada pembelajaran maupun materi yang lebih lanjut.
Kata Kunci: STAD, Model Pembelajaran Kooperatif, Garis dan Sudut, Ketuntasan Belajar
Full Text:
1-8References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Ke-14). Jakarta: Rineka Cipta.
Hasan, H. (2015). Kendala yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar matematika di SD Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 1(4), 40-51.
Ibrahim, M. (2010). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa.
Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Purwanto. (2016). Peningkatan motivasi dan ketuntasan belajar matematika melalui pembelajaran kooperafif tipe STAD di SMK Ma'arif Wonosari. Jurnal Ilmiah Guru COPE, 15(2), 45-57.
Slavin, R. E. (2006). Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Allyn & Bacon.
Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Soewarso. (1998). Menggunakan strategi komparatif learning di dalam pendidikan ilmu pengetahuan sosial. Edukasi(1), 16-25.
Sudjana, N. (2005). Metoda Statistika (Edisi Keenam). Bandung: PT. Tarsito.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id