Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra pada Materi Persamaan Garis Singgung Kurva terhadap Hasil Belajar Siswa SMA

Arie Kurniawan, M. Ikhsan, Mukhlis Hidayat

Abstract


Salah satu indikator keberhasilan belajar matematika peserta didik adalah daya serap pada pembelajaran matematika. Untuk meningkatkan daya serap peserta didik dibutuhkan model pembelajaran yang tepat seperti PBL Agar suasana pembelajaran lebih dinamis diperlukan media pembelajaran salah satu adalah aplikasi geogebra yang dipadukan dalam model PBL. Geogebra merupakan aplikasi matematika yang dapat menyelesaikan masalah mengenai kalkulus, geometri, aljabar dan statistika. Tujuan dari riset ini yaitu mengetahui pengaruh model PBL berbantuan geogebra  terhadap hasil belajar peserta didik pada materi persamaan garis singgung kurva. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan jenis penelitian true experimental design melalui control group pre-test post-test. Populasi peneltian yaitu seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Sampel Penelitian diambil secara acak. Instrumen penelitian berupa soal tes berbentuk uraian yang terdiri atas pre-test dan post-test. Hasil analisis data pre-test disimpulkan bahwa pemahaman awal kedua kelas sama. Analisis data post-test kedua kelas memakai uji -t karena berdistribusi normal serta homogen. Hasil pengolahan nilai post-test diperoleh  dan dengan taraf signifikan serta dk = 33, sehingga maka  diterima. Kesimpulan bahwa tidak terdapat pengaruh model PBL berbantuan Geogebra pada materi persamaan garis singgung kurva di kelas XI SMA Negeri 12 Banda Aceh.

 

Kata Kunci:    Problem Based Learning, Geogebra, Persamaan Garis Singgung Kurva, Hasil Belajar.


Full Text:

195-201

References


Asngari, D. R. (2015). Penggunaan Geogebra dalam Pembelajaran Geometri. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 299–302.

Ekawati, A. (2016). Penggunaan Software Geogebra dan Microsoft Mathematic dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 148–153.

Eliyana, T. (2014). Keefektifan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas. Journal of Elementary, 3(4), 40–45.

Haryanti, Yuyun D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 57–63.

Haryati, Manurung, B., & Gultom, T. (2017). Pengaruh Model Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Ekologi. In Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan pembelajarannya (pp. 986–992). Medan.

Johar, R. (2016). Strategi Belajar Mengajar (1st ed.). Banda Aceh: Deepublish.

Qudratullah, M. F. (2016). Statistik Nonparametrik Terapan:Teori, Contoh Kasus, & Aplikasi dengan IBM SPSS. Yogyakarta: Andi.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (2nd ed.). Jakarta: PT RajaGrafindo.

Sanjaya, W. (2009). Perencanaan Pembelajaran dan Desain Sistem Pembelajaran (1st ed.). Jakarta: Prenada Media Group.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif (1st ed.). Bandung: Graha Ilmu.

Selvy, Y. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Motivasi Siswa. Universitas Syiah Kuala.

Septian, A. (2017). Penerapan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana. PRISMA Universitas Suryakancana, VI(2), 180–191.

Sugiarto, W. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Materi Komposisi Transformasi. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(1), 42–48.

Yulianingtias, H. P., Tiwow, V. M. A., & Anang, W. M. D. (2011). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Pelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 3 Palu. E-Jurnal Mitra Sains, 4(2), 62–70.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id