Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Anchored Instruction di SMPN 1 Darul Imarah Aceh Besar

Nova Fadila, R. M. Bambang S, M. Hasbi

Abstract


Pemecahan masalah merupakan suatu hal yang perlu dipelajari siswa dalam pembelajaran matematika. Kenyataan di lapangan menerangkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih tergolong rendah. Anchored Instruction merupakan sebuah model pembelajaran yang diharapkan mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Riset ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran Anchored Instruction. Riset ini memanfaatkan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek pada riset ini adalah siswa kelas VII-I SMPN 1 Darul Imarah Aceh Besar sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan 4 soal berupa uraian, kemudian dilanjutkan dengan wawancara untuk mengetahui langkah yang diambil siswa dalam menyelesaikan soal tersebut. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif berdasarkan nilai tes. Hasil riset menunjukkan bahwa dari empat aspek kemampuan yang diukur diperoleh sebagian besar siswa mengerti aspek memahami masalah dan menyusun penyelesaian, siswa kurang memahami aspek merencanakan penyelesaian dan menafsirkan solusi karena siswa merasa tidak penting untuk merencanakan penyelesaian dan menuliskan kesimpulan. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melewati model pembelajaran Anchored Instruction  secara keseluruhan menunjukkan dari 26 siswa, 9 diantaranya mencapai golongan sangat baik, 8 siswa mencapai golongan baik, 6 siswa mencapai golongan cukup, dan 3 siswa mencapai golongan kurang.

 

Kata Kunci:     kemampuan pemecahan masalah, anchored instruction, aritmatika sosial.


Full Text:

282-291

References


Arikunto, Suharsimi. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Erawarni, Dian. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Anchored Instruction dengan Pendekatan Quantum Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Materi Efek Pemanasan Global. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Hafizah, Ellyana, dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Anchored Instruction terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Kelas X. Jurnal Fisika Indonesia. 52(18), 9.

Khasanah, Nestiyani Uswatun. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Strategi Realistic Mathematics Education Berbasis Group Investigation. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Leoni, Lovi. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Anchored Instruction terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Segi Empat dan Segitiga di Kelas VII SMPN 1 Kota Jambi. Skripsi. Universitas Jambi.

Love, Mary Susan. (2004). Multimodality of Learning Through Anchored Instruction. Journal of Adolescent & Adult Literacy. Vol. 48 no. 4.

Mawaddah, S dan Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2), 166-175.

Meidawati, Yenny. (2013). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. 1(2), 31-33.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Amerika: NCTM. Inc.

Polya, G. (1988). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (second ed). Princeton, N.J.: Princeton Science Library Printing.

Saputra, Edy. (2012). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Anchored Instruction terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Concept Siswa. Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id