Pembelajaran Sistem Persamaan Linier Dua Variabel melalui Model Kooperatif Tipe Structured Numbered Heads di Kelas VIII1 SMP Negeri 13 Banda Aceh

Sri Rahayu, Bainuddin Yani S, Yuhasriati Yuhasriati

Abstract


Sistem persamaan linier dua variabel adalah bahan ajar yang diberikan di kelas VIII yang masih dianggap sukar dipahami oleh peserta didik. Upaya agar siswa mudah memahami materi ini salah satunya dengan menerapkam model pembelajaran kooperatif. Dalam penelitian ini model yang dipakai yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Heads (SNH). Dengan harapan nantinya nilai setiap siswa khususnya dalam matematika materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel menjadi lebih baik. Tujuan utama pada penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SNH pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh. Untuk mendukung tujuan utama pada penelitian ini, peneliti menggunakan data pendukung aktivitas siswa untuk melihat aktivitas siswa dalam pembelajaran. Populasi pada peneltian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan sampelnya yaitu kelas VIII1 SMP Negeri 13 Banda Aceh. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian pre experimental dengan jenis one-shot case study dengan pendekatan kuantitatif. Data utama dikumpulkan menggunakan data hasil tes dan untuk data pendukung digunakan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan pengolahan data dari 29 siswa didapat  = 67,78   dan  maka didapat   pada taraf signifikan . Berdasarkan kriteria pengujian hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SNH dapat melebihi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM)

 

Kata Kunci:     sistem pesamaan linier dua variabel, model pembelajaran kooperatif tipe structured numbered heads (SNH) dan hasil belajar.


Full Text:

276-281

References


Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Asliati, A. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Structured Numbered Heads (SNH) di Kelas IX.5 SMP Negeri 3 Panyabungan. Jurnal Unimed, IX(2), 96-101. p-ISSN: 2355-1739 e-ISSN: 2407-6295

Faridah, F., Nurrahmah, N., & Hardiyanto, H. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Numbered Heads (SNH) terhadap Hasil Belajar Matematikasiswa Kelas IX SMP Negeri 1 Rambah Samo. Jurnal Mahasiswa FKIP Universitas Pasir Pangaraian, 1(1)

.

Huda, M. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mukhlis. (2005). Pembelajaran Matematika Realistik untuk Materi Pokok Perbadingan di Kelas VII SMP Negeri 1 Pallaga. Tesis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Janah, R., Budiyono & Subanti, S.(2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Numbered Heads (SNH) dan Numbered Heads Together (NHT) dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal FKIP Usn, 4(1), 268-275.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id