Penerapan Pembelajaran Collaborative Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Insan Qur’ani Tahun 2017/2018

Risa Khairiyah, M Hasbi, Bintang Zaura

Abstract


Trigonometri merupakan salah satu materi yang menjadi keluhan siswa pada pembelajaran matematika kelas X keagamaan MA Insan Qur’ani. Sebagian siswa yang tergabung dalam kelas keagamaanmasih memiliki masalah dengan hasil belajarnya. Rendahnya hasil belajar siswa di kelas ini disebabkan karena memang rendahnya minat belajar mereka pada mata pelajaran matematika.Collaborative teaching menjadisalah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan hasil belajar siswa terutama pada materi ajar matematika. Strategi ini telah diterapkan sejak 2015 di MTs Insan qur’ani da terlihat hasil belajar yang mengalami ketuntasan. Berbeda halnya dengan MA Insan qur’ani yang masih menerapkan sistem konvensional dalam proses belajar mengajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui penerapan collaborative teaching di kelas X MA Insan Qur’ani Aceh Besar. Pendekatan penelitian yang digunakan pada panelitian ini berupa pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian pre experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X terdiri dari dua kelas IPA dan dua kelas keagamaan yang jumlah seluruhnya 90 orang. Sampel diambil secara acak satu kelas keagamaan, diperoleh kelas X keagamaan putri untuk diterapkan collaborative teaching. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes. Data diolah dengan uji t satu pihak (pihak kanan) pada taraf signifikan  dengan derajat kebebasan dk=18. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Collaborative teaching pada materi Trigonometri dapat mencapai ketuntasan hasil belajar pada siswa di kelas X MA Insan Qur’ani.

 

Kata Kunci:     collaborative teaching, hasil belajar, penerapan.


Full Text:

253-259

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cramer, Nevin, salazar & Landa. 2014. Collaborative Teaching Gives Positive Impact on student Achievement and self- esteem.

E.T.Ruseffendi. 1980. Matematika-studi Pengajaran. Bandung: Transito

Martono, Nanang. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Munawar dan Muhammad. 2014. Impact of Collaborative Teaching (CT) on Mathematics student Achievemen in Pakistan. Jurnal of Research and Reflections in Education. 1: -

Reni dan Irena. 2016. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematik siswa Melalui Strategi Think Talk Write. Jurnal Mosharafa, 2: 101

Sandholtz, J. H. 2000. Interdisciplinary Team Teaching as a Form of Professional Development. Teacher Education quarterly, 27 (3), 39-50

Sudjana. 2004. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito Bandung

Sugiyono . 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Tanzeh, Ahmad dan Suyitno. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id