Kecemasan Matematika Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share di Kelas VIII MTsN Model Banda Aceh

Rinna Nurhaina, M Ikhsan, Suhartati Suhartati

Abstract


Kecemasan yang berlebihan dalam belajar matematika dapat membuat konsentrasi siswa terganggu dan tidak dapat fokus dalam belajar. Gangguan seperti kecemasan dapat mempengaruhi prestasi belajar. Guru harus membuat kondisi pembelajaran yang baik seperti menggunakan model pembelajaran yang dapat mengarahkan siswa aktif dan termotivasi untuk belajar salah satunya dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara kecemasan matematika siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di kelas VIII MTsN Model Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental design jenis Pre-test dan Post-test Group. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII di MTsN Model Banda Aceh dan yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas VIII-2 yang terdiri dari 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kecemasan matematika siswa. Teknik pengolahan data angket menggunakan uji-t dua pihak. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji-t dua pihak yaitu hitung = 18,47 dan tabel  yaitu(0.975)(35) = 2,03. Nilai hitung = 18,47 berada di luar daerah penerimaan  yaitu 2,03 <  < 2,03 maka tolak  dan terima  sehingga kesimpulannya adalah terdapat perbedaan antara kecemasan matematika siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di kelas VIII MTsN Model Banda Aceh.

 

Kata Kunci:     Kecemasan matematika siswa, Think Pair Share.


Full Text:

244-252

References


Abdurrahman, M. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Adu-Gyamfi, dkk. 2014. Instructional Strategy Lessons for Educators Secondary Education. College of Education, East Carolina University.

Azwar, S. 2007. Realibilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Az-zahrani, Dr. Musfir bin Said. 2005. Konseling Terapi. Jakarta: Gema Insani Press.

Ekawati, Aminah. 2015. Pengaruh Kecemasan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Banjarmasin: STKIP PGRI.

Gunarsa, Singgih D., & Gunarsa, Ny. Singgih D. 2008. Psikologi Perawatan. Jakarta: Gunung Mulia.

Handayani, Satya Sri. 2010. Ekperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Struktural Think-Pair-Share Pada Materi Pokok Bentuk Akar dan Pangkat Ditinjau dari Gaya Belajar Matematika Siswa. Tesis Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Ismail, dkk. 2004. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Iswarini, Fery, dkk. 2012 Eksperimentasi Model Pembelajaran Think-Pair-Share terhadap Prestasi Belajar Matematika Sub Pokok Bahasan Segitiga Pada Siswa Kelas VII SMPN 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Nolting, Paul D. 2002. Winning at Math: Your Guide to Learning Mathematics Through Successful Study Skills. Florida: Academic Success Press, Inc.

Ruseffendi. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Susanto, Hari Purnomo. 2016. Analisis Hubungan Kecemasan, Aktivitas, dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Pacitan: STKIP PGRI. Vol.9 No.2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id