Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Kelas XI SMA Negeri 12 Banda Aceh

Hasanul Basri, Suhartati Suhartati, Tuti Zubaidah

Abstract


Salah satu tujuan mata pelajaran matematika adalah untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir kreatif. Pengembangan kemampuan berpikir kreatif memang perlu dilakukan karena kemampuan ini merupakan salah satu kemampuan yang dikehendaki dunia kerja. Penelitian yang berjudul “Level Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah terkait Materi Peluang Kelas XI SMA Negeri 12 Banda Aceh” ini merumuskan masalah berada pada level berpikir kreatif berapakah siswa kelas XI SMA Negeri 12 Banda Aceh dalam memecahkan masalah terkait materi peluang. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa. Data penelitian ini berupa data level berpikir kreatif siswa yang dianalisis secara deskriptif. Oleh karena itu, metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang dirancang untuk memberikan pengalaman senyata-nyatanya dan menangkap makna sebagaimana yang tercipta di lapangan penelitian melalui interaksi langsung antara peneliti dan yang diteliti. Subjek penelitian ini adalah satu kelas siswa kelas XI SMA Negeri 12 Banda Aceh, yaitu kelas XI IS3 yang berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan mengelompokkan siswa dalam beberapa level berpikir kreatif. Berdasarkan hasil analisis data level berpikir kreatif serta hasil wawancara beberapa siswa, menunjukkan bahwa 11 siswa Kelas XI IS3 SMA Negeri 12 Banda Aceh berada pada level level pertama dari lima level berpikir kreatif. Berdasarkan kategori level berpikir kreatif yang menjadi acuan penelitian ini, siswa berada pada kategori kurang kreatif. Dengan demikian, kemampuan rata-rata siswa kelas XI IS3 SMA Negeri 12 Banda Aceh dalam memecahkan masalah terkait materi peluang berdasarkan hasil penelitian ini tergolong kurang kreatif.

 

Kata Kunci:         Berpikir kreatif, Berpikir kreatif matematis.

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.

Margono. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Muhibbin. (2013). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Pomalato. (2005). “Pengaruh Penerapan Model Treffinger pada pembelajaran Matematika dalam Mengembangkan Kemampuan Kreatif dan Pemecahan Masalah Siswa”. Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Siswono. (2008). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id