Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair and Share Berbantuan Geogebra pada Materi Himpunan di Kelas VII MTsN 7 Aceh Besar

M Rozulul Ihsan, M Ikhsan, Mukhlis Hidayat

Abstract


Matematika adalah ilmu yang wajib dipelajari pada setiap jenjang sekolah. Indikator keberhasilan mempelajari matematika ditetapkan pada standar kompetensi lulusan. Berdasarkan tingkat daya serap, hasil belajar siswa di beberapa sekolah belum mencapaai KKM, salah satunya MTsN 7 Aceh Besar pada materi himpunan yang menjadi indikator proses belajar-mengajar di sekolah tersebut belum maksimal. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah dengan menerapkan model kooperatif tipe think pair and share berbantuan geogebra. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan terdapat pengaruh yang cukup signifikan dari penerapan model kooperatif tipe TPS berbantuan geogebra terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan di kelas VII MTsN 7 Aceh Besar. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif berjenis true experimental design yaitu pretest-posttest control gruup desaign. Populasi pada penelitian meliputi seluruh siswa kelas VII MTsN 7 Aceh Besar, kemudian sampel penelitian dipilih dua kelas dari populasi dengan menggunakan teknik pengambilan sampel acak sederhana, satu kelas dijadikan sebagai kelas eksperimen dan yang lain dijadikan sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen kemudian diajarkan melalui penerapan model kooperatif tipe TPS berbantuan geogebra sedangkan kelas kontrol diajarkan melalui penerapan model kooperatif tipe TPS. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yang terdiri dari 5 soal berbentuk esai dari materi himpunan yang diberikan saat pre-test dan post-test. Untuk mengetahui perbedaan perlakuan kedua kelas digunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwahasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model kooperatif tipe TPS berbantuan geogebra lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe TPS pada materi himpunan di kelas VII MTsN 7 Aceh Besar.

 

Kata Kunci:     Kooperatif TPS, Geogebra, Hasil belajar.


Full Text:

215-223

References


Kesumawati, N. (2017, 25 November). Geogebra Sebagai Solusi untuk Mengkonstruksi Konsep-Konsep Matematika di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana, Palembang, Universitas PGRI. Diakses melalui https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/download/1458/1265.

Lirnawati,E. T. (2016). Problematika Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Pembelajaarn Matematika dan Alternatif Pemecahannya. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP), Surakarta, UMS. Diakses melalui https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/7005/67_83_Makalah%20Rev_Ervin%20Tamta%20Lirnawati_1.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

Mukminan. (2003). Pengembangan Silabus Matakuliah Pengajaran Mikro dan PPL berdasarkan KBK. Makalah Seminar dan Lokakarya. Yogyakarta: UPPL,UNY.

Permendiknas 2013 No. 54, Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendiknas 2016 No. 24, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Puspendik. (2015). Persentase Penguasaan Materi Soal - Matematika Ujian Nasional SMP/MTs Tahun Pelajaran 2014/2015. Diakses melalui http://118.98.234.50/lhun/daya_serap.aspx pada tanggal 08 September 2018.

Puspendik. (2018). Laporan Rekapitulasi Hasil UN Tingkat Sekolah. Diakses melalui http://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/. Tanggal akses : 08 September 2018.

Slavin, Robert E. (2008). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id