Kecerdasan Visual-Spasial Siswa pada Soal Tes Potensi Akademik melalui Model Pembelajaran Picture and Picture di SMA Negeri 10 Banda Aceh
Abstract
Kecerdasan visual-spasial merupakan kecerdasan yang diujikan pada soal TPA ujian masuk perguruan tinggi melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Namun kecerdasan visual-spasial belum terakomodir secara eksplisit dalam kurikulum sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan visual-spasial siswa pada soal tes potensi akademik melalui model pembelajaran picture and picture. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis pre-test and post-test group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 10 Banda Aceh. Sampel penelitian dipilih secara acak yaitu siswa kelas XI-1 yang berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian yaitu tes kecerdasan visual-spasial. Data kecerdasan visual-spasial tersebut dianalisis dengan menggunakan uji t paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kecerdasan visual-spasial siswa pada soal tes potensi akademik melalui model pembelajaran picture and picture. Implikasi penelitian ini yaitu guru dapat menumbuhkan kecerdasan visual-spasial siswa dengan model pembelajaran picture and picture pada materi yang relevan.
Kata Kunci: Visual-spasial, Tes potensi akademik, Picture and picture.
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ernita. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Bangun Datar. Jurnal Sains dan Teknologi:UIN Sultan Syarif Kasim. Vol 4. No.1.
Gardner, Howard. 1993. Multiple Intelligences : The Theory in Practice A Reader. New York: Basic Books.
Huda, Mifthul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan : Media Persada.
Juliayana dan Betty Hutapea. 2016. Hubungan Kecerdasan Visual-Spasial terhadap Kemampuan Menggambar Teknik Siswa Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 6 Malang. Malang: Universitas Negeri Malang
Lwin, May dkk. 2003. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Indonesia. PT Macanan jaya Cemerlang.
Musfiroh, Tadkirotun. 2014. Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Modul.
National Academy of Science. 2006. Learning to Think Spatially, Washington DC: The National Academics Press.
Perdani, Putri Naviah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPASMA Negeri Tugumulyo. Jurnal. STKIP-PGRI Lubuklinggau. Vol 1. No 1. ISSN: 2620-3316.
Rochmadi, Hermawan. 2015. Hubungan Kecerdasan Spasial dan Logis-Matematis Dengan Kemampuan Gambar Teknik. Jurnal. Universitas Negeri Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id