Kemampuan Klasifikasi Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Solving
Abstract
Kecerdasan logis-matematis yang dimiliki peserta didik belum berkembang dengan baik. Hal ini ditandai dengan siswa tidak dapat memenuhi indikator kecerdasan logis-matematis dalam menyelesaikan masalah matematika diantaranya kemampuan melakukan klasifikasi. Klasifikasi merupakan bahagian dari kecerdasan logis-matematis yang masih perlu mendapat perhatian guru dalam pembelajaran untuk dapat memaksimalkan hasil belajar siswa. Pendekatan pembelajaran yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan klasifikasi matematis siswa yaitu problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan klasifikasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan problem solving. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah enam orang siswa kelas VII-2 MTsN 4 Banda Aceh. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan klasifikasi matematis, dan lembar pedoman wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sebahagian besar (lima dari enam) siswa mampu memenuhi kemampuan klasifikasi matematis melalui pembelajaran dengan pendekatan problem solving. Implikasi penelitian ini yaitu guru hendaknya memperluas penerapan problem solving untuk dapat mengembangkan kemampuan klasifikasi matematis siswa.
Kata Kunci: Kemampuan Klasifikasi Matematis, Pendekatan Problem Solving.
References
Amir, Almira. 2013. “Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Kecerdasan Majemuk (Multiple intelligences)”, (http://jurnal.iainpadangsidimpuan.ac.id/index.php/LGR/article/viewFile/196/177., diakses 9 September 2018).
Ananingsih, Sunantina. 2016. “Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis terhadap Prestasi Belajar Matematika Luas Bangun Datar kelas V di SD Muhammadiyah 09 Malang”. Skripsi. (Online), (http://etheses.uin-malang.ac.id/6158/1/12140125.pdf, diakses 29 November 2018).
Chatib, Munib. 2013. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Cetakan XI. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka.
Gunawan, Adi. W. 2011. Born To Be A Genius. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Suhendri, Huri. 2011. “Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika”, (Online), (http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/61/63 diakses pada 6 Desember 2018).
Rahayu, Veni dan Ekasatya Aldila Afriansyah. 2015. “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa melalui Model Pembelajaran Pelangi Matematika”, (Online), (https://media.neliti.com/media/publications/226647-meningkatkan-kemampuan-pemecahan-masalah-88b68f84.pdf, diakses pada 6 Desember 2018).
Gardner, Howard. 1983. Frames Of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.
Sumardyono. 2011. “Pengertian Dasar Problem Solving”, (Online), (https://erlisilitonga.files.wordpress.com/2011/12/pengertiandasarproblemsolving_smd.pdf, diakses 01 September 2018).
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Said, Alamsyah dan Andi Budimanjaya. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences: Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Prenadamedia Group.
Willis, J. K., dan Johnson, A. (2001). Multiply using multiple intelligences. Teaching Children Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics.
Yusna, Decy Pramita Sari. 2018. “Kecerdasan Logis Matematis melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Siswa SMA”. Skripsi tidak diterbitkan. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id