Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning di Kelas VIII SMPIT Al-Azhar
Abstract
Berpikir kritis merupakan salah satu aspek yang penting dalam pembelajaran matematika. Namun, berdasarkan observasi peneliti di sekolah, siswa kurang berpikir kritis selama pembelajaran matematika. Hal tersebut dikarenakan guru belum memaksimalkan berpikir kritis selama pembelajaran matematika. Oleh karena itu, diperlukan upaya guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika.. Salah satu upaya guru untuk mengembangkan berpikir kritis siswa dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan jenis one-group pre-test and post-test group. Untuk mendapatkan data diambil sampel secara acak satu dari tiga kelas di SMPIT Al-Azhar, Banda Aceh. Instrumen yang digunakan adalah tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test), yang terdiri dari masing-masing 3 soal uraian berpikir kritis tentang materi sistem persamaan linear dua variabel. Selanjutnya digunakan uji t pihak kanan untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan pre-test dan post-test. Hasil pengolahan data diperoleh bahwa thitung = 21,44. Sementara itu, pada taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan dk = 23 diperoleh ttabel = 1,71. Oleh karena thitung = 21,44 > 1,71 = ttabel berakibat terjadinya penolakan H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMPIT Al-Azhar, Banda Aceh.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Model Discovery Learning.
References
Arikunto, S. (2000). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
De Jong, dkk. (1998). Scientific Discovery Learning With Computer Simulation of Conceptual Domains. Review of Educational Research. Vol 68. No.2, Hal. 179-201.
Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Hajiati, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Istianah, E. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (Meas) pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol. 2, No.1.
Karim dan Normaya. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3 No.1, Hal. 92-104.
Kurniadi, I.W, dkk. (2017). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Smart Sticker untuk Meningkatkan Disposisi Matematik dan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol. 8 No.2, Hal. 109-118.
Kowiyah. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis. Universitas Muhammadiyah Prof, Dr. Hamka (UHAMKA). Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 3 No.5.
Leny, D.H, dkk. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Confidence Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMA Di Bogor Timur. Jurnal Pendidikan Matematika Pascasarjana. Universitas Negeri Jakarta. JPPM Vol. 10 No.2.
Nasution. (2005). Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Pritasari, A.D.C. (2011). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA 2 Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Yogyakarta pada Pembelajaran Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI). Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.
Suhayya, S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Penerapan Model Discovery Learning pada Materi Bangun Ruang di Kelas VIII SMPN 15 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Matematika. Universitas Syiah Kuala.
Suryana, R. (2016). Efektivitas Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Xaverius Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2016/2017. Artikel. STKIP-PGRI Lubuklinggau.
Sya’afi, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Tesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id