Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IX MTsN 4 Banda Aceh
Abstract
Seseorang dikatakan memiliki kemampuan koneksi matematis apabila ia dapat membuat kaitan antar topik dalam matematika, antar matematika dengan ilmu lain, dan antar matematika dengan kehidupan nyata. Rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa masih menjadi kendala di lapangan. Beberapa penelitian sebelumnya menyatakan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa kelas IX MTsN 4 Banda Aceh pada pembelajaran yang menggunakan pendekatan CTL. Data pada artikel ini diperoleh dari suatu penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimental design jenis pre-test and post-test group. Random sampling yang diterapkan menentukan bahwa, dari lima kelas IX yang ada di MTsN 4 Banda Aceh, 23 siswa kelas IX/2 terpilih sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes kemampuan koneksi matematis dengan teknik pre-test dan post-test. Data diperoleh menggunakan analisis berdasarkan paired sampel t test pihak kanan untuk melihat peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa melalui penerapan pendekatan CTL. Hasil pengolahan data diperoleh bahwa thitung = 9,01. Sementara itu, pada taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan dk = 22 diperoleh ttabel = 1,71. Oleh karena thitung = 9,01 > 1,71 = ttabel berakibat terjadinya penolakan H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan koneksi matematis melalui penerapan pendekatan CTL di kelas IX MTsN 4 Banda Aceh. Implikasi penelitian ini adalah guru dapat memperluas penerapan CTL pada pembelajaran matematika untuk membiasakan siswa dengan permasalahan yang memenuhi indikator koneksi matematis. Hal ini diperlukan untuk mengembangkan kemampuan koneksi matematis siswa.
Kata Kunci: Pendekatan contextual teaching and learning, Koneksi matematis.
References
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fajri, N. (2014). Peningkatan kemampuan koneksi dan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Pendidikan matematika PARADIKMA, 6(2), 149-161.
Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Kusuma, Mega. (2011). Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VIII A Smp N 15 Yogyakarta melalui Model Pembelajaran Learning Cycle “5E”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
NCTM. (2000). Principles and standars for school mathematics. USA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Novita, S. P. A. (2017). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 1 Jaten Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika da Matematika (JPMM) Solusi. (1)6.
Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: kencana.
Septiani, E. (2012). Kefektifan pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan koneksi matematis mahasiswa pada mata kuliah analisis real I. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika di FMIPA UNY, Yogyakarta, 34, 319-324.
Sudjana. (2009). Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito.
Sutama, Sabar Narimo dan Haryanto. (2013). Pembelajaran Matematika Kontekstual. Sukoharjo: Khafilah Publising.
Widarti, A. (2013). Kemampuan Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Matematis Siswa. Skripsi. Jombang: STKIP PGRI Jombang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id