Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Strategi Think Aloud Pair Problem Solving Berbantuan Geogebra di Kelas VIII MTsN 4 Banda Aceh

Putri Adi Lestari, Cut Morina Zubainur, Suhartati Suhartati

Abstract


Rendahnya kemampuan komunikasi matematis mengakibatkan siswa sulit memahami dan mengkomunikasikan ide matematis terkait gambar, notasi, dan rumus matematika dengan baik. Kegiatan pembelajaran prosedural yang biasa dilaksanakan di sekolah kurang mampu mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Alternatif pembelajaran yang diharapkan dapat membantu mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah strategi Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berbantuan Geogebra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa setelah belajar dengan strategi TAPPS berbantuan Geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang dipilih adalah siswa kelas VIII/4 MTsN 4 Banda Aceh yang terdiri dari 29 siswa. Data kemampuan komunikasi matematis diperoleh melalui tes tulis dan wawancara. Data yang terkumpul selanjutnya dianalis melalui tahapan pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan siswa telah memiliki indikator kemampuan komunikasi matematis yang cukup baik, dengan rincian dari 29 siswa 8 di antarnya berhasil menguasai seluruh indikator kemampuan komunikasi matematis, 14 siswa menguasai dua indikator, dan 7 siswa menguasai satu indikator. Indikator drawing berhasil dikuasai oleh seluruh siswa, indikator written text berhasil dikuasai oleh 19 siswa, dan indikator mathematical expression dikuasai oleh 11 siswa serta menjadi indikator yang paling sedikit dikuasai siswa.

 

Kata Kunci:     Kemampuan komunikasi matematis, strategi TAPPS, Geogebra.


Full Text:

101 - 110

References


Blanco, J Lorenzo F, dan Manuel Garrot. 2007. Difficulties in Learning Inequalities in Students of The First Year of Pre-University Education in Spain. Eurasia Jurnal of Mathematics, Science & Technology Education, (Online), 3(3), 221-229 (http://www.ejmste.com/v3n3/EJMSTE_v3n3_BlancoGarrote.pdf, diakses 1 September 2018.

Barkley F., Elizabeth dkk. 2012. Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif Terjemahan oleh Narulita Yusron dari Collaborative Learning Techniques (2005). Cetakan Kedua: Bandung: Nusa Media.

Handayani, Suci, dkk. 2016. Pair Problem Solving (Tapps) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Matematika, (1): 50-55.

Hidayat, Rifqi, dkk. 2016. Analisis Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs Lewat Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, JPPM, 9(1).

Hohenwarter, M., et al. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Matgematics Software GeoGebra, (Online), (http://www.publications.uni.lu/ record/2718/files/ICME11-TSG16.pdf, diakses 14 Desember 2017).

Kadir. 2008. Kemampuan Komunikasi Matematik dan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Disampaikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika di Jurusan Pendidikan Metematika FMIPA UNY pada Tanggal 28 November 2008.

Kustiawati, Dedek. 2016. Pembelajaran Geometri Berbantuan Software Geogebra Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1, 113-120.

Lestari, Wiji, Sri. 2016. Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Pokok Bahasan Himpunan Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert Siswa Kelas VII Smpn 2 Sumber Cirebon. Jurnal Pendidikan: Universitas Islam Negeri Walisongo.

Noviyanti, Marselina. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Kanisius Gayam Yogyakarta Kelas VII C Dalam Konteks Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Skripsi. FKIP, Pend. Matematika, Universitas: Sanata Dharma.

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syukira, Arina. 2013. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Habits of Mind Mahasiswa pada Materi Lintasan Terpendek Menggunakan Algoritma Floyd Warshall. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).

Whardani, Fajria. 2016. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII MTs Darul Hikmah Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Skripsi. FKIP, Pend. Matematika, Universitas: Syarif Hidayatullah Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id