Penerapan Model Pembelajaran Inquiry based Learning pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII SMP Negeri 2 Darul Imarah

Widia Merjia Rova, Bintang Zaura, Mukhlis Hidayat

Abstract


Sistem pembelajaran di sekolah cenderung menoton dimana siswa hanya terpusat pada penjelasan yang diberikan oleh guru. Siswa menjadi pasif dalam proses pembelajaran. Hal ini berakibat kepada rendahnya pencapaian siswa terhadap tujuan pembelajaran. Salah satu model yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika untuk mengaktifkan siswa adalah model pembelajaran inquiry based learning (IBL). Model pembelajaran IBL merupakan rangkaian kegiatan model pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir. Keadaan ini dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning pada materi teorema pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 2 Darul Imarah. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif serta jenis penelitian pre-experimental design jenis one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Darul Imarah. Sampel penelitian ini adalah 29 siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Darul Imarah yang dipilih secara acak. Pengumpulan data penelitian ini berupa data tentang instrumen tes hasil belajar siswa. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 2 Darul Imarah.

 

Kata kunci: Model Inquiry Based Learning, Ketuntasan Belajar, Teorema Pythagoras.


Full Text:

1-8

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Sebagai Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan Kelima belas. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Askara.

Hasbullah. 2009. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kusmaryono, H dan Setiawati, R. 2013. Penerapan Inquiry Based Learning untuk Mengetahui Respon Belajar Siswa pada Materi Konsep dan Pengelolaan Koperasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, (online),Vol.VIII,No.2.

Miswari, R. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL Pada Materi Persamaan Linier Tiga Variabel di Kelas X SMA Negeri 1 Darussalam. Skripsi. Universitas Syiah Kuala.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Simanjuntak, Lisnawaty, dkk. 1993. Metode Mengajar Matematika 1. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT.Tarsito.

Surtato, Joko. Dkk, 2000. Pengantar Pendidikan. Semarang : IKIP Semarang Press.

Suranto. 2014. Efektivitas Model Inquiry Based Learning dalam Pembelajaran Sistem Mikrokontroler Di SMK Negeri 3 Wonosari. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukino dan Wilson Simangunsong. 2008. Matematika untuk Kelas IX Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran. Gorontalo: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id