PENGARUH MEDIA INTERAKTIF CHEMANAL BERBASIS MICROSOFT EXCEL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMAN 4 BANDA ACEH
Abstract
Telah dilakukan penelitian yang berjudul Pengaruh Media Interaktif Chemanal Berbasis Microsoft Excel terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 4 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penggunaan media interaktif chemanal berbasis microsoft excel terhadap hasil belajar peserta didik dan mendeskrispsikan tanggapan peserta didik serta tanggapan guru. Sampel diambil secara acak yaitu kelas XI IA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IA5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik masing-masing adalah 34 orang. Penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 5,53 >1,99 pada taraf signifikan 5%. Sehingga hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak (2) Persentase ketuntasan peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 91,18% dan 29,41%; (3) Tanggapan peserta didik dan guru terhadap media interaktif chemanal berbasis microsoft excel pada materi larutan penyangga dengan persentase masing-masing adalah 81,00% dan 93,75%. Berdasar hasil penelitian maka dapat disimpulkan (1) Terdapat pengaruh penggunaan media interaktif chemanal berbasis microsoft excel terhadap hasil belajar; (2) Hasil belajar kelas eksperimen tuntas secara klasiskal sedangkan hasil belajar kelas kontrol tidak tuntas secara klasikal; (3) Peserta didik dan guru memberikan tanggapan positif terhadap media interaktif chemanal berbasis microsoft excel.
References
Anizar, Gani, A., Khaldun, I., dan Bahi, M. (2018). The Development of a Module with Microsoft Microsoft excel-Based Interactive Media on the Topic Buffer Solution, IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1088(2018)012119, 1-6.
Ditama, V., Saputro, S., dan Catur, A.N. (2015) Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Program Adobe Flash untuk Pembelajaran Kimia Materi Hidrolisis Garam SMA Kelas Xi. Jurnal Pendidikan Kimia. 4(2):23-31.
Ekayani, N.L.P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik. Artikel tidak diterbitkan. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Khaldun, I., Hasan, M., dan Nilawati. (2018). Application of Microsoft Excel as an interactive learning media of acid-base titration, IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1088(2018)012034, 1-7.
Madcoms. (2017). Rumus & Fungsi Terapan pada Microsoft excel untuk Mengolah Data dan Laporan. Yogyakarta: Andi.
Nopriyanti. (2015).Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi dasar Pemasangan Sistem penerangan dan Wiring Kelistrikan di SMK Jurnal Pendidikan Vokasi. 5(2) : 222-235.
Parastuti, W.I., Suharti, dan Ibnu, S. (2016). Miskonnsepsi Peserta didik pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan. 1(12) : 2307-2313.
Pavel, A.N., dan Alyona, O.K. (2016). Studying Equilibrium in the Chemical Reaction between Ferric and Iodide Ions in Solution Using a Simple and Inexpensive Approach. Journal of Chemical Education. Articles ASAP (As Soon As Publishable).
Purwanto, N. (2004). Prinsip-Prinsp dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakara.
Simon J. M., Catherine L. P., dan Alexander J. M. M. (2016). Deducing Reaction Mechanism: A Guide for Students, Researchers, and Instructors. Journal of Chemical Education. 93(2): 275–286.
Yuen-Ying, C., Emily B. M., dan Katherine K.P. (2016). ConfChem Conference on Interactive Visualizations for Chemistry Teaching and Learning: Using an Interactive Simulation To Support Development of Expert Practices for Balancing Chemical Equations. Journal of Chemical Education, 93(6), 1150–1151.
Refbacks
- There are currently no refbacks.