Kemampuan Peserta Didik dalam Memahami Representasi Makroskopik, Submikroskopik, dan Simbolik Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Zuraini Zuraini, Sri Winarni, Latifah Hanum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan peserta didik kelas X-IPA MAN Aceh Singkil dan SMAN 1 Singkil dalam memahami representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-IPA1dan X-IPA4MAN Aceh Singkil dan SMAN 1 Singkil tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 53 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui soal tes. Instrumen yang digunakan terdiri dari soal tes, berupa soal pilihan ganda sebanyak 19 pertanyaan yang terdiri dari soal makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Instrumen penelitian dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam memahami materi larutan elektrolit dan nonelektrolit berdasarkan representasi makroskopis adalah paling tinggi dibandingkan representasi simbolik dan submikroskopik. Kemampuan peserta didik dalam memahami representasi submikroskopik tertinggal dibandingkan representasi makroskopik dan simboliknya. Sebanyak 56,6% peserta didik memiliki kemampuan memahami representasi submikroskopik dengan kategori rendah. Kemampuan peserta didik perempuan rata-rata lebih tinggi dalam memahami representasi makroskopik, submiskroskopik, dan simbolik. Perlu melibatkan representasi makrokopik, submikroskopik dan simbolik secara proporsional dalam pembelajaran kimia.


References


Aidha, E. . (2016). Pengembangan modul pembelajaran kimia pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis inkuiri terbimbing (guided inquiry). Jurnal Sains Dan Teknologi, 16(1), 1–8.

Aisyah, Jaenudin, R., & Koryati, D. (2017). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit, 4(1), 1–11.

Aulia, N., Hanum, L., & Mukhlis. (2017). Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Kimia Berbasis Makroskopik dan Simbolik pada Materi Hukum Dasar dan Perhitungan Kimia di Kelas X SMA Negeri 1 Indrapuri Abstrak Pendahuluan MetodePenelitian. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), Vol. 2(No. 4), Hal 237-244.

Chen, X., de Goes, L. F., Treagust, D. F., & Eilks, I. (2019). An analysis of the visual representation of redox reactions in secondary chemistry textbooks from different chinese communities. Education Sciences, 9(1). https://doi.org/10.3390/educsci9010042

Fitriyani, D., Rahmawati, Y., & Yusmaniar, Y. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit dengan 8E Learning Cycle. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 9(1), 30–40. https://doi.org/10.21009/jrpk.091.04

Hanif, N., Sopandi, W., & Kusrijadi, A. (2013). Analisis Hasil Belajar Level Makroskopik, Submikroskopik, dan Simbolik Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Sma Pada Materi Pokok Sifat Koligatif Larutan. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 18(1), 116. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v18i1.264

Harizon, Haryanto, & Anisah. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di SMA PGRI 2 Kota Jambi. J.Indo. Soc. Integ. Chem, 8(2), 47–56.

Herawati, R. F., Mulyani, S., & Redjeki, T. (2013). Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Siswa Sma Negeri I Karanganyar Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 38–43.

Huda, T. ., Fadiawati, N., & Tania, L. (2015). Pengembangan e-book interaktif Pada materi termokimia berbasis representasi kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 4(2), 530–542.

Indrayani, P. (2013). Analisis Pemahaman Makroskopik, Mikroskopik, dan Simbolik Titrasi Asam-Basa Siswa Kelas XI IPA SMA serta Upaya Perbaikannya dengan Pendekatan Mikroskopik. Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), 109–120.

Johnstone, A. H. (2000). Chemical Education Research: Where from Here? University Chemistry Education, 4(1), 34–38. https://www.physics.utoronto.ca/~key/PHY1600/PER Papers/Chemical Education Research.pdf

Langitasari, I. (2016). Analisis Kemampuan Awal Multi Level Representasi Mahasiswa Tingkat I Pada Konsep Reaksi Redoks. Edu Chemia, 1(1), 14–24. https://doi.org/10.30870/educhemia.v1i1.436

Meutia, F., Nurdin, N., & Winarni, S. (2021). Development of e-student worksheets based on multiple representations of factors affecting reaction rates. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(2), 129. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i2.533

Muderman, I. ., Wiratma, I. G. ., & Nabila, M. . (2019). Analisis Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar pada Bidang Studi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 17–23. https://doi.org/10.36088/manazhim.v1i1.138

Mujibaturrahmi, M., Winarni, S., & Hanum, L. (2022). Patterns of students ’ macroscopic , submicroscopic , and symbolic representation ability in acid-base topic. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 7(2), 204–222. https://doi.org/10.30870/educhemia.v7i2.14250

Rezki, M., Winarni, S., & Fitri, Z. (2022). Formal thinking capabilities and their impact on misconceptions of electronic configuration materials. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 6(1), 55–62. https://doi.org/10.23887/jpk.v6i1.41288

Syahrial, S., & Winarni, S. (2021). First year university students’ conceptual understanding of physical and chemical changes (a preliminary research). Chimica Didactica Acta, 9(1), 27–32. https://doi.org/10.24815/jcd.v9i1.21210

Talanquer, V. (2011). Macro, submicro, and symbolic: The many faces of the chemistry “triplet.” International Journal of Science Education, 33(2), 179–195. https://doi.org/10.1080/09500690903386435

Winarni, S., Effendy, E., Budiasih, E., & Wonorahardjo, S. (2022). Constructing ‘Concept Approval Strategy,’ a chemistry learning idea to prevent misconceptions. Educación Química, 33(2), 159–180. https://doi.org/10.22201/fq.18708404e.2022.2.79841

Zidny, R., Sopandi, W., & Kusijadi, A. (2015). Gambaran level submikroskpik untuk menunjukkan pemahaman konsep siswa pada materi persamaan kimia dan stoikiometri. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 42–59. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.326

Zuhroti, B., Marfu’ah, S., & Ibnu, M. S. (2018). Identifikasi Pemahaman Konsep Tingkat Representasi Makroskopik, Mikrokopik dan Simbolik Siswa Pada Materi Asam-Basa. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 3(2), 44–49. https://doi.org/10.17977/um026v3i22018p044


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.