PENGGUNAAN PENDEKATAN STEM DALAM PEMBUATAN PERMEN BERKHASIAT OBAT DARI EKSTRAK PINANG MUDA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Aldisan Fahyadi, Adlim Adlim, Abdul Gani

Abstract


Proses belajar mengajar yang diterapkan guru kimia di SMAN 2 Alafan masih kurang efektif dan tergolong pasif dikarenakan masih berfokus pada buku paket dan tidak ada inovasi seperti eksperimen pembuatan produk. Hal tersebut menyebabkan kurangnya motivasi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar kimia terhadap peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan STEM. Pembelajaran yang dilakukan berbasis eksperimen menghasilkan suatu produk yaitu permen dari ekstrak biji buah pinang muda (Areca catechu L). Pembelajaran yang berlangsung menggunakan LKPD STEM untuk memudahkan proses eksperimen sehingga dapat mengetahui tingkat pemahaman peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA I  di SMAN 2 Alafan yang terdiri atas 20 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar penilaian motivasi dan angket tanggapan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan STEM layak untuk diaplikasikan dalam pembelajaran karena dapat terlihat dari tanggapan guru yang sangat baik, dengan nilai rata-rata 100. Tanggapan peserta didik juga mendapatkan hasil yang sangat baik dengan nilai rata-rata 94,28. Tingkat motivasi belajar peserta didik sebelum penerapan pendekatan STEM sebesar 53,74±7,8%, setelah penerapan pendekatan STEM memperoleh hasil yang sangat baik, sebesar 80,11±4,0%. Hasil uji organoleptik dari permen juga sangat baik terhadap komposisi A2 sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan STEM dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

References


Adelita, T., Suhery, T., & Ibrahim, A.R. 2017. Pengembangan Strategi Pembelajaran dengan Pendekatan STEM – Problem Based Learning pada Materi Laju Reaksi di Kelas XI SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 4(2):105-111.

Febrianti, D., Suhery, T., & Suharman, A. 2018. Pengembangan Strategi Pembelajaran STEM-PBL (Science, Technology, Engineering, And Mathematic Problem Based Learning) pada Materi Termokimia di Kelas XI SMAN 19 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 5(2):157-164.

Fitriyah, L. A., & Wardana, H. K. 2019. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Unsur, Senyawa, dan Campuran dengan Pendekatan STEM. Jurnal Zarah, 7(2):86-92.

Hamid, S., Wijaya. M., & Ramlawati. 2018. Korelasi Antara Motivasi Peserta Didik dengan Hasil Belajar Kimia Kelas XI IPA SMA Negeri Se-Kecamatan Ternate Utara. Jurnal Chemistry Education Review, Pendidikan Kimia PPs UNM. 2(1):24-31.

Haster, E., Rohiat, S., & Sumpono. 2019. Studi Komparasi Motivasi Belajar Kimia Siswa Kelas X Program Peminatan dan Lintas Minat di MAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 3(1):57-64.

Hsu, Y.S., Lin, Y.H., & Yang, B. 2017. Impact of Augmented Reality Lessons on Students’ STEM Interest. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 12(2):2-14.

Jufri. W. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Lubis, I. R., & Ikhsan, J. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2): 191 – 201.

Sudijono, A. 2011. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Susanti, L.Y., Hasanah, R., & Khirzin, M.H. 2018. Penerapan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA/SMK pada Materi Reaksi Redoks. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 6(2):32-40.

Yenrina, R., Nazir, N., & Lubis, A. Y. 2014. Unripe Areca (Areca catechu. L) Nut Syrup as a functional drinks with addition of powdered Cassia Vera extract. Journal online http://journal.bakrie.ac.id/index.php/APJSAFE, 2(1):17-22.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.